Sabtu, 20 Juli 2013

Manfaat Sujud Dalam Sisi Kesehatan

Lama aku gak blogwalking alias mampir blog-blog sobat. Ternyata setelah blogwalking, aku singgah di blog sobat baruku di ceritasekupang.blogspot.com. Ternyata ada artikel menarik nich. Manfaat Sujud dilihat dari sisi kesehatan. Jadi aku copas aja langsung, namun artikelnya yang bahasa Melayu ku-edit sedikit (dengan Google translate) ke dalam bahasa Indonesia (bebas) meski tidak mengabaikan pentingnya EYD.

Ternyata banyak sekali manfaat sujud dari segi kesehatan dan kita tidak menyadari manfaatnya meskipun kita setiap hari melakukan sholat, bagi yang beragama Islam.

Inilah uraian manfaatnya :

Manusia melakukan sujud dalam dua kategori :


1) Sujud Fisik seperti ketika melaksanakan sholat wajib 5 waktu dan sholat-sholat sunnah lainnya.

2) Sujud Spiritual adalah seperti sujud syukur atau bisa disebut juga manifestasi ketaatan kepada perintah Allah dan menjauhi larangannya serta bersyukur atas limpahan rizki dan keselamatan yang telah diberikan-Nya.

Para ulama menganjurkan sujud ketika shalat diharapkan dilakukan secara lebih khusyuk diantara khusyuknya gerakan sholat yang lain dan juga diharapkan agar melakukan sujud dengan tempo yang sedikit lama. Karena dari segi kedokteran, efek sujud yang lama akan menambahkan kekuatan aliran darah ke otak yang dapat mencegah sakit kepala dan migraine, menyegarkan otak serta menajamkan akal pikiran serta menguatkan mentalitas kita.

Menurut Ikatan Dokter, manfaat sujud antara lain adalah:

1) melegakan sistem pernafasan (relieved congestion for Breathing).

2) Memperbaiki organ tubuh yang mengalami kelelahan.

3) Bernafas ketika sujud bermanfaat untuk :

a) menyembuhkan pinggang dan pinggul yang sakit pasca cedera.

b) mengembalikan posisi rahim (bagi wanita) yang mengalami posisi melorot (prolapsed uterus / fallenbandwomb), hal ini mungkin terjadi pasca persalinan.

c) Bisa terhindar dari penyakit hernia atau mengendurkan / memperbaiki kembali otot-otot pada area hernia.

d) Mengurangi sakit nyeri yang masih timbul pasca haid.

e) mengendurkan bagian paru-paru dari kekakuan (high parts of the lung)

f) Mengurangi sakit pada pasien penderita usus buntu atau limpa (APPENDIKS & SPLEEN).

g) Melenturkan otot-otot pada pelvis (kesatuan tulang yang melingkar pada pinggang)

h) Memberi dorongan untuk mudah tidur.

i) Melancarkan peredaran darah (smooth blood circulation) ketika sujud yang disertai sedikit gerakan otot bahu, dada, leher, perut, punggung.

j) Bagi wanita, gerakan otot pada point i) menjadikan payudara lebih sehat, mudah berfungsi untuk menyusui dan terhindar dari sakit kanker payudara.

k) Memungkinkan untuk mengurangi kegemukan (Obesity).

l) Gerakan bagian otot pada point i) memudahkan wanita bersalin, organ rahim mudah kembali ke tempat asal serta terhindar dari sakit bergelombang pada perut (convulsions). Jadi untuk wanita hamil, tetap dianjurkan untuk rajin melakukan ibadah sholat.

m) Otak manusia (organ terpenting) menerima banyak pasokan darah dan oksigen ketika sujud.

n) Kesan psikologi adalah dengan merasa rendah diri di hadapan Allah, jadi mampu meminimalisir sifat sombong, riya' dan takabbur yang ada pada hati manusia.

o) Menghindari pendarahan otak jika kita tiba-tiba menerima pompa darah ke otak secara kuat dan mendadak sehingga terhindar dari penyakit seperti APOPLEXIA RUPTURE OF BLOOD VESSELS DAN Arte IOSECLEROSIS OF CEREBRUM.

Manfaat sujud juga diakui oleh agama lain seperti Sikh di Punjab dan Buddha yang mengamalkan YOGA dimana memiliki sujud yang hampir sama dengan cara sujud Islam.

Semoga sujud dan sholat kita bisa menjadi lebih baik dan lebih khusyuk jika kita mengetahui manfaatnya. Wallahu a'lam.

2 komentar: