Minggu, 18 April 2010

Yoga : 5 Posisi Darurat (3)

Sekalipun Anda rajin latihan yoga setiap hari, belum tentu Anda tak akan mengalami stres. Yang namanya stres itu datangnya tak terduga dan tak pernah diundang. Bisa jadi saat Anda sedang sibuk menjalani kegiatan tiba-tiba stres itu menyerang, lalu apa yang akan Anda lakukan?

Adalah Tara Stiles, seorang pelatih Yoga di Amerika yang memiliki ide cemerlang untuk mengatasi stres yang datang tak terduga. Seperti dilansir di dalam Yahoo Shine, Tara menganjurkan lima gerakan yoga darurat yang bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Tak harus menghabiskan 1 jam di studio yoga kok, hanya beberapa menit saja seketika Anda akan merasa lebih rileks dan nyaman.

Pose 1 : tarik nafas panjang

Jangan sepelekan pernafasan, justru pernafasan adalah titik penting dalam yoga dan relaksasi. Mengapa? karena oksigen adalah rantai penting dalam menjalankan seluruh sistem tubuh, saat oksigen terhambat perjalanannya secara otomatis sistem tubuh tak akan berjalan normal, di sinilah stres menyusup masuk ke dalam tubuh.

Disarankan oleh Tara Stiles, saat tiba-tiba stres datang, entah di keramaian atau di kantor, tariklah nafas panjang. Pertama-tama, katupkan bibir Anda dan jangan mengambil nafas lewat mulut. Kedua, tarik nafas dalam-dalam lewat hidung dalam hitungan 1-4, tahan pada hitungan 5-6. Kemudian lepaskan perlahan pada hitungan 7-10. Teknik sederhana ini akan membantu otot-otot tegang Anda menjadi kendur, seluruh tubuh Anda akan menerima asupan oksigen dengan baik dan stres perlahan akan hilang.

Pose 2 : Eagle Arms
Bagi mereka yang lelah bekerja di belakang meja atau komputer sebaiknya melakukan posisi Eagle Arms ini. Fungsinya adalah mengurangi ketegangan yang berpusat di bahu. Caranya, letakkan siku kanan Anda di atas siku kiri, kemudian cobalah menemukan kedua telapak tangan Anda. Jika memang terlalu sulit dan menyebabkan rasa sakit, Anda bisa menemukan punggung tangan saja. Tarik nafas panjang selama 5 detik dan ulangi beberapa kali sampai otot bahu Anda kendur.

Pose 3 : The prayer
Kepalkan tangan Anda kemudian letakkan di punggung Anda, perlahan buka kedua tangan Anda dan temukan telapak tangan seperti sedang berdoa. Tahan posisi ini selama 5 tarikan nafas panjang. Berfungsi untuk meregangkan bahu, pergelangan tangan dan punggung yang lelah akibat terlalu tegang.

Pose 4 : Hamstring
Pose ini sebenarnya adalah pose peregangan yang biasa terdapat pada pemanasan saat akan mulai berolahraga. Dan ada beberapa macam pose hamstring, bisa dalam keadaan berdiri atau duduk. Namun kali ini posisi yang akan digunakan adalah posisi berdiri, yaitu dengan mengatupkan kedua kaki dan berdiri lurus. Perlahan bungkukkan badan dan kedua tangan mencoba menggapai ujung jari kaki atau tangan di angkat tinggi dan lurus ke belakang punggung. Jaga pernafasan Anda dan lakukan perlahan setidaknya 1-2 menit.

Pose 5 : Pigeon
Disebut pose pigeon atau merpati karena memang mirip seperti burung merpati. Luruskan kaki ke belakang dan tekuk kaki sebelahnya di depan. Tegakkan punggung dan dagu, tahan posisi sampai 30 detik, kemudian lakukan dengan posisi kaki yang berbeda.

Gerakannya cukup simple dan mudah kan? Anda juga tak harus melakukan semuanya lho, cukup pilih salah satu saja yang menurut Anda paling mudah. Say sayonara to stress !!

Sumber : KapanLagi.Com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



1 komentar:

♥ria♥ mengatakan...

kayaknya tenang banget yah kalo yoga ^___^

eh dah lama nih ga maen ke blognya mas hakim :D

Posting Komentar