Rabu, 19 Agustus 2009

Sidebar Melorot dan Cara Mengatasinya

Kadang-kadang kasus sidebar blog bisa melorot terjadi. Permasalahan ini terjadi pada blogku sendiri. Agak panik juga sich pada saat itu, yang akhirnya tanya sana-sini, termasuk juga tanya ke Mbah Google, yang akhirnya dapat beberapa solusi yang bisa dicoba-coba. Kenapa ada beberapa solusi? Karena sidebar blog bisa melorot tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang bisa diatasi.
Adapun beberapa permasalahan sidebar bisa melorot dan cara mengatasinya, seperti :

1. Ukuran image yang dipasang tidak sesuai dengan luas / lebar sidebar.
Sesuaikan ukuran image dengan lebar sidebar blog kita, seperti yang sudah aku tuliskan dipostingan terdahulu, mengenai pemberian kode pada script HTML widget pada sidebar blog.

2. Postingan / artikel / isi berita blog terlalu pendek.
Memang, permasalahan diatas, sangat jarang terjadi, namun bisa juga terjadi apabila template blog kita "tidak menerima" postingan yang terlalu pendek. Kok bisa yach? yach bisa saja, karena ada beberapa template yang memang tidak menerima postingan yang terlalu pendek sehingga akhirnya sidebar blog bisa melorot.
Buatlah artikel sepanjang mungkin, kan kita para blogger gemar menulis, pastinya donk para sobat banyak ide yang bisa ditumpahkan ke dalam postingan kita.

3. Link URL yang panjang dalam postingan blog.
Link URL yang diselipkan / ditautkan dalam sebuah kata atau kalimat yang terlalu panjang bisa juga mengakibatkan sidebar blog melorot. Pendekkanlah tautan tersebut dengan tinyurl.com sehingga link URL akan otomatis diatur bisa menjadi pendek sekali.

4. Image postingan yang bertautan link URL terlalu besar.
Image yang kita tambah dalam sebuah artikel postingan blog yang terlalu besar bisa juga menyebabkan sidebar blog melorot, apabila image tersebut diberi tautan ke suatu Link URL, sehingga kita harus mengedit image-nya dengan memperkecil ukurannya.

5. Apabila beberapa cara diatas sudah dilakukan dan sidebar blog tetap melorot, berarti template blog harus diganti saja dengan template yang memiliki sidebar yang lebih lebar.
Jangan khawatir, dengan mengganti template blog, artikel-artikel kita tidak mungkin hilang. Yang perlu disimpan adalah hanya widget-widget yang sudah tertempel pada template blog yang akan kita ganti. Simpanlah atau copy paste semua image atau link URL atau widget ke sebuah file atau Ms.Word atau notepad dan kemudian kita bisa memilih template yang lebih lebar dan lebih bagus dari template blog sebelumnya, baru modifikasi lagi tata letak / layout template blog baru kita.

Mungkin itu saja yang bisa aku sharing kepada para sobat dan semoga bermanfaat.

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



2 komentar:

Kriep2 mengatakan...

baca ini sob cara ganti template tanpa menghapus widget baca disini

Blogger mengatakan...

Did you know that you can shorten your long links with LinkShrink and get cash for every visitor to your short links.

Posting Komentar