SPONSOR BLOG

Jumat, 05 Maret 2010

BLOEMFONTEIN - Ibukota Afrika Selatan

Bloemfontein merupakan salah satu dari tiga ibukota Afrika Selatan. Kota yang juga disebut Mangaung (dalam bahasa Sesotho) ini berperan sebagai ibukota yuridis Afrika Selatan dan ibukota provinsi Free State. Kehidupan masyarakatnya adalah perpaduan dari campuran antara ketenangan pedesaan dan indahnya kota. Warga Bloemfontein terkenal akan keramahan dan kehangatannya.

Didirikan pada 1846, kota ini dulunya adalah pemukiman Afrikaner (keturunan Belanda). Saat terjadi Perang Boer antara kaum Afrikaner melawan Inggris, Inggris akhirnya berhasil merebut Bloemfontain dan membangun camp konsentrasi. Ribuan wanita dan anak-anak tewas di kamp ini dan untuk mengenang peristiwa tersebut dibangunlah sebuah tugu peringatan yang ada di pinggiran kota.

Bloemfontain sungguh kaya akan budaya dan sejarah. Hal itu dapat dilihat dari adanya warisan arsitektur, monumen dan museum yang berdiri di kota yang dalam Bahasa Belanda berarti "air mancur bunga-bunga" itu. Taman Nasional Golden Gate yang terletak di sebelah timur provinsi Free State memiliki tebing yang akan memancarkan sinar keemasan saat sinar matahari menerpa tebing tersebut. Di tempat ini juga terdapat kawah dampak tertua di dunia yaitu Kawah Vredefort yang terjadi sejak 2.023 juta tahun lalu. Selain itu juga terdapat objek wisata favorit warga, Bendungan Gariep yang berada di tengah-tengah provinsi Free State dan Gauteng.

Dalam ranah sepakbola, Bloemfontein Celtic adalah klub yang paling populer di wilayah ini. Klub ini adalah klub sepakbola profesional pertama di kota tersebut dan pertama kali bermain pada 1891. Bloemfontein terkenal pula dengan kefanatikan suporternya yang selalu antusias menyaksikan tim kesayangannya bertanding. Kelompok suporter fanatik ini menamakan dirinya Siwelele.

Karena terkenal akan antusiasme supporter yang tinggi terhadap sepakbola, sejumlah klub Eropa tertarik untuk menggelar tur di kota ini. Mereka adalah Aberdeen, Dundee United (Skotlandia), Newcastle United (Inggris), Ajax Amsterdam (Belanda) dan Eintracht Frankfurt (Jerman).

Data dan Fakta Nama : Mangaung/ Bloemfontein
Provinsi : Free State
populasi : 850.000 jiwa
Ketinggian : 1.400 m di atas permukaan laut
Geografi : Lokasi di tengah Afrika Selatan. Bentang alam didominasi oleh padang rumput dan bukit-bukit rendah.
Iklim: Musim dingin yang kering dari Mei-Agustus dengan suhu sekitar 17 derajat C hingga -2 derajat C. Pada musim panas menjadi lebih hanggat dengan suhu sekitar 30 derajat C.
Sektor Ekonomi: Perdagangan, Keuangan, Transportasi
Klub Sepakbola: Bloemfontein Celtic, Free State Stars (Liga Utama), Carara Kicks (Divisi 1)

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar