Jumat, 14 Mei 2010

Pernak-pernik Piala Dunia 1990

Piala Dunia 1990 yang dilaksanakan di Italia menyimpan pernak-pernik yang unik.

Simak baik-baik apa saja yang ada didalamnya :

1. Sejarah backpass berakhir.

Backpass adalah aturan yang melarang kiper menangkap bola dari umpan menggunakan kaki dari teman satu timnya. Jika seorang kiper melakukan ini, maka akan diberi hadiah tendangan bebas tidak langsung, tendangan yang tidak boleh diarahkan langsung ke gawang dalam sekali sentuh.

Bingung yach ???

Nich contoh kejadiannya :


Blunder Back Pass





Video ini adalah contoh backpass yang dilakukan sama kiper arsenal, Lukasz Fabianski waktu Arsenal melawan F.C. Porto di liga champions 2009/2010.



Tahukah Sobat bahwa di era sebelum tahun 1990 peraturan ini belum ada. Jadi setiap tim di piala dunia sering melakukan strategi backpass ini untuk strategi bertahan dan juga mengulur ngulur waktu. Bahkan waktu piala dunia 1990, Pat Bonner, kiper Irlandia menahan bola 6 menit dengan cara menggiring bola mengitari kotak penalti lalu kembali memegang bola tersebut.

Adalah piala dunia tahun 1990, yang dikenal sebagai piala dunia yang paling tidak atraktif, karena ke-24 tim yang ikut serta menampilkan penampilan yang sangat bertahan. Inilah Piala Dunia yang paling minim gol, tapi dengan kartu merah paling banyak. Hanya 115 gol tercipta dalam 52 pertandingan atau rata-rata 2,21 per pertandingan. Sedangkan wasit mengeluarkan 16 kartu merah dan 164 kartu kuning atau rata-rata 3,46 per pertandingan.


Merupakan piala dunia terakhir dimana seorang kiper dapat menerima back pass.

2. Merupakan terakhir kali pertandingan di piala dunia jika menang mendapat 2 poin (kalau sekarang menang = 3 poin). FIFA membuat peraturan itu dengan alasan yang sama yaitu untuk meningkatkan keatraktifan pertandingan.

3. Merupakan terakhir kali wasit harus memakai jersey (kostum) warna hitam, guna menghindari kesamaan dengan tim yang bertanding. Jadi setelah piala dunia ini wasit bisa milih jersey dengan warna selain hitam, meskipun hitam masih sering dipakai.



4. Merupakan piala dunia terakhir di bagian belakang jersey pemain cuma tertulis nomer saja, setelah berlalu sampai saat ini sudah ada tercantum nama dia atas nomor punggung.


5. Dan merupakan partisipasi terakhir Jerman menggunakan nama Jerman Barat, karena seterusnya berganti Jerman (saja) menyusul dirobohkannya Tembok Berlin pada 9 November 1989.

Sumber : kaskus.us

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar