Selasa, 13 Juli 2010

Pernak-Pernik Serba Pertama di Piala Dunia 2010

Piala Dunia 2010 Afrika Selatan merupakan Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di tanah Afrika dan Spanyol memiliki pengalaman pertama sebagai timnas yang mampu mengawinkan trofi Piala Eropa dan Piala Dunia dalam 2 tahun berturut-turut.
Mereka adalah tonggak kejayaan terbaru yang ditetapkan di Afrika Selatan tahun 2010, tetapi dengan tidak mengabaikan seluruh turnamen yang berlangsung penuh dengan peristiwa-peristiwa yang luar biasa di seluruh stadion penyelenggara.
Fifa.com memberi daftar lengkap pengalaman yang serba pertama di Piala Dunia 2010 sebagai berikut :

1. Kemenangan Pertama dan Tim pertama yang selalu seri

a. Slovenia dan Yunani meraih kemenangan pertama mereka di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, yang masing-masing mengalahkan Aljazair 1-0 berkat gol Robert Koren dan mengalahkan Nigeria 2-1.

b. Jepang juga berhasil menikmati kemenangan pertama mereka atas Kamerun dengan skor 1-0, setelah delapan tahun yang lalu di Piala Dunia 2002 dimana Jepang sebagai tuan rumah juga pernah mengalahkan tim Afrika lainnya, Tunisia dengan skor 2-0 di Osaka.

c. Adapun Selandia Baru, debut mereka di Piala Dunia 2010 ini menorehkan tiga pertandingan yang selalu berakhir imbang . Pertandingan pertama melawan Slovakia, berakhir dengan skor 1-1. Kiwi-julukan timnas Selandia Baru kemudian juga bermain imbang 1-1 dengan Italia dan bermain dengan skor kacamata alias tanpa gol dengan Paraguay.

2. Gol pertama, satu-satunya gol dan gol bunuh diri pertama

a. Gol Dimitrios Salpingidis melawan Nigeria sebagai gol penyama kedudukan dalam pertandingan tersebut adalah satu-satunya gol yang dicetak timnas Yunani setelah bermain selama 404 menit pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, selain itu, tidak ada lagi gol yang dicetak pemain Yunani.

b. Daniel Agger, Denmark mencetak gol 'bunuh diri' pertama dalam perhelatan Piala Dunia 2010 saat Denmark dihempaskan Belanda 0-2 pada pertandingan fase grup E.

c. Didier Drogba menjadi pemain Afrika pertama yang mencetak gol ke gawang Brasil selama 6 pertemuan antara Seleção (julukan timnas Brasil) dan timnas dari Zona Afrika, jadi setiap enam pertemuan tersebut, timnas Afrika tidak pernah mencetak gol saat melawan Brasil yang akhirnya Didier Drogba mencetak gol pertama untuk tim Zona Afrika kontra Brasil.

d. Sementara itu, pada catatan yang sedikit lebih esoteris, gelandang Michael Bradley menjadi Piala Dunia FIFA pertama gol untuk dilatih oleh ayahnya ketika dia disamakan untuk Amerika Serikat pada 2-2 menarik mereka dengan Slovenia.

3. Penalti pertama, kiper penggagal tendangan penalti pertama

a. Vladimir Stojković dari Serbia bisa berbangga diri sebagai penjaga gawang pertama yang mampu menggagalkan tendangan penalti pemain Jerman, Lukas Podolski. Sebaliknya, David Villa menjadi pemain Spanyol pertama yang gagal mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Honduras.

b. Iker Casillas menjadi kiper pertama yang mampu menggagalkan tendangan penalti dalam dua turnamen Piala Dunia yang berbeda.
Pertama kali Iker Casillas menggagalkan tendangan penalti pemain Republik Irlandia, Ian Harte di Korea / 2002 Jepang yang sebelumnya, Oscar Cardozo dari Paraguay dibuat frustasi karena tendangan penaltinya juga diblok oleh Iker Casillas di babak perempat final Piala Dunia 2010 ini.

c. Bercermin pada prestasi itu, Asamoah Gyan juga mencatat rekor sejarah sebagai pemain pertama yang gagal mengeksekusi tendangan penalti pada dua kompetisi yang berbeda, setelah usahanya gagal melawan Republik Ceko di Piala Dunia Jerman 2006, dia juga gagal melakukan tendangan penalti kala melawan Uruguay pada babak perempatfinal Piala Dunia 2010 ini.

4. Pemain satu-satunya yang berpengalaman di ajang Piala Dunia

a. Cuauhtemoc Blanco boleh berbangga hati bahwa dia adalah satu-satunya pemain Meksiko yang mampu mengikuti tiga turnamen Piala Dunia.
Pada saat melawan Perancis di fase grup A Piala Dunia 2010, dia dipercaya turun pada menit ke-62 untuk menggantikan Guillermo Franco yang selanjutnya menambah rekor pribadinya sebagai pemain satu-satunya yang berpengalaman mengikuti ajang Piala Dunia.
Rigobert Song lebih hebat lagi, meski dalam Piala Dunia 2010 dia hanya bermain hanya sepanjang 17 menit, namun dia mencatat rekor pribadi sebagai satu-satunya pemain Afrika yang mengikuti ajang Piala Dunia sebanyak 4 kali.

b. Rekor kurang terhormat dicapai oleh dua pemain, yaitu Sani Keita dari Nigeria dan Valon Behrami dari Swiss. Kedua pemain tersebut adalah para pemain pertama yang mendapatkan kartu merah di Piala Dunia 2010 saat melawan Yunani (kartu merah untuk Sani Keita, Nigeria) dan melawan Chili (kartu merah untuk Valon Behrami, Swiss).

5. Kemajuan timnas sebagai pengalaman pertama

Paraguay mencapai babak perempat final untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka pada Piala Dunia 2010 ini, tentu saja berbanding terbalik dengan Italia yang tidak lolos dari fase grup dengan tanpa mencatat satu kemenangan pun.
Adapun Afrika Selatan, mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama yang harus tersingkir terlebih dahulu pada fase grup (babak penyisihan).

6. Tim dengan pengalaman pertama

a. Chili untuk pertama kali mampu memenangi pertandingan Piala Dunia yang diselenggarakan di luar wilayah Amerika Selatan, mengalahkan Honduras dan Swiss dengan skor masing-masing 1-0 di Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan ini.
Karena sebelumnya, La Roja-julukan timnas Chili-hanya mampu memenangi pertandingan pada Piala Dunia yang diselenggarakan di negara wilayah Amerika Selatan yaitu di Uruguay pada tahun 1930, di Brasil pada tahun 1950 dan bertindak sebagai tuan rumah pada tahun 1962.

b. Paraguay memiliki pengalaman rekor lebih baik pada Piala Dunia 2010, dengan pertama kalinya mampu memuncaki klasemen akhir grup dan lolos ke babak 16 besar.
Prestasi yang lebih baik lagi ditorehkan oleh timnas Belanda yang berhasil untuk pertama kali memenangi 3 pertandingan grup dan akhirnya lolos ke babak 16 besar dengan nilai sempurna.

Terakhir, perempat final pertama yang menyajikan perbandingan kekuatan yang didominasi oleh tim dari Benua Amerika Latin dengan perbandingan 4 timnas Amerika Latin dan 3 timnas dari Benua Eropa. Uniknya, tim-tim dari Eropa malah mendominasi pada babak semifinal yang akhirnya Spanyol yang untuk pertama kalinya berhasil mengangkat trofi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Sumber : artikel diartikan dari fifa.com beserta image.

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar