Kamis, 08 Juli 2010

Spanyol Susul Belanda ke Final Piala Dunia 2010

Spanyol melaju ke final Piala Dunia 2010 usai mengalahkan Jerman 1-0. Gol kemenangan tim Matador diciptakan oleh sundulan bek Carles Puyol.

Laga Spanyol kontra Jerman dipentaskan di Durban, Kamis (8/7/2010) dinihari WIB. Di babak pertama yang didominasi La Furia Roja, kedua tim bermain imbang 0-0.

Gol kemenangan Spanyol hadir di pertengahan babak kedua. Melalui situasi sepak pojok, Carles Puyol berhasil menanduk bola dan merobek gawang Jerman.

Di final yang digelar 11 Juli mendatang, Spanyol menghadapi Belanda. Kedua finalis sama-sama belum pernah menjadi juara dunia.

Final Pertama buat Spanyol.

Meski selalu dihiasi bakat-bakat hebat, Spanyol bukanlah tim yang berprestasi istimewa di Piala Dunia. Baru di Piala Dunia 2010 ini Espana-julukan tim Spanyol-berhasil melaju ke partai puncak.

Kepastian tiket final itu didapat Spanyol usai menundukkan Jerman 1-0 di Stadion Moses Mabhida, Durban, Kamis (8/7/2010) dinihari WIB. Gol tunggal kemenangan El Matador dicetak oleh Carlos Puyol.

Keberhasilan menjejak partai final untuk meladeni Belanda sangat layak disambut gembira oleh Spanyol. Sebab, dari sejak pertama kali ikut Piala Dunia 1934, inilah prestasi terbaik La Furia Roja.

Prestasi terbaik Spanyol sebelum ini hanyalah menjadi tim peringkat keempat di Piala Dunia 1950. Namun saat itu tidak ada semifinal dan final seperti yang kita kenal saat ini, hanya ada pertarungan round robin antara empat tim: Uruguay, Brasil, Swedia dan Spanyol.

Setelah tahun 1950, Spanyol malah hancur-hancuran dengan tidak lolos ke putaran final 1954 dan 1958; juga di Piala Dunia 1970 dan 1974. Selain itu, Spanyol lolos tapi maksimal mentok di perempatfinal.

Spanyol tiga kali lolos ke delapan besar, yakni tahun 1986 di Meksiko, 1994 di Amerika Serikat dan tahun 2002 di Korea Selatan/Jepang.

Namun grafik prestasi Spanyol mulai meningkat sejak menjuarai Piala Eropa 2008. Dengan para pemain-pemain kelas satu, akhirnya si Matador berhasil menjejak finalnya yang pertama.

Spanyol Samai Catatan Italia

Spanyol membuka Piala Dunia 2010 dengan hasil tak memuaskan. Namun kini mereka sudah berada di final. Sebuah catatan yang sama dengan milik Italia di tahun 1994.

Spanyol menelan kekalahan di pertandingan pertama mereka di Afrika Selatan. Ketika itu Iker Casillas dkk. dikalahkan Swiss 0-1. Kekalahan yang membuat kiprah tim Matador sempat dinaungi keraguan.

Namun dalam perkembangan selanjutnya mereka terus mendulang hasil positif dan pada akhirnya melaju ke final. Perjalanan mereka ke final dilakoni dengan menyingkirkan salah satu tim favorit yakni Jerman di babak semifinal, Kamis (8/7/2010) dinihari WIB.

Seperti dikutip dari ESPN, pencapaian Spanyol ini sama dengan yang ditorehkan salah satu finalis Piala Dunia 1994 yakni Italia.

Saat itu Azzurri takluk 0-1 dari Republik Irlandia dengan skor 0-1. Selanjutnya Roberto Baggio dkk. membukukan satu kemenangan dan satu skor seri untuk lolos ke babak knock-out sebagai peringkat ketiga terbaik grup. Di final, Italia takluk dari Brasil.

Sumber : artikel (pialadunia.detiksport.com), image (fifa.com)

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



1 komentar:

Blogger mengatakan...

+$3,624 PROFIT last week!

Get 5 Star verified winning bets on MLB, NHL, NBA and NFL + Anti-Vegas Smart Money Signals!!!

Posting Komentar