Selasa, 04 Agustus 2009

Mbah Surip "Tak Gendong" Meninggal Dunia

Penyanyi fenomenal Mbah Surip meninggal dunia, Selasa (4/8/2009) pukul 10.30 WIB. Penyanyi 'Tak Gendong' itu sempat dilarikan ke RS Pusdikkes, Jakarta Timur.

"Iya benar tadi meninggal pukul 10.30 WIB," kata Mega, petugas pendaftaran RS Pusdikkes saat dikonfirmasi detikcom. Mbah Surip memiliki nama asli Urip Ariyanto. Menurut KTP, dia lahir pada 1963. Mbah Surip mendulang uang miliaran rupiah dari ring back tone (RBT) 'Tak Gendong'.

Jenazah Mbah Surip Siap Dimandikan, Ibu-ibu Bacakan Surat Yasin

Penyanyi bergaya Bob Marley yang terkenal dengan 'I Love You Full' ini berencana membuat album Ramadan tak lama lagi. Dia juga berniat menggandeng Manohara untuk berduet.

Jenazah Mbah Surip telah disemayamkan di rumah Mamiek Srimulat. Dibalut kain coklat dengan wajah ditutup kain putih, belasan ibu-ibu membacakan surat Yasin bagi penyanyi yang dikenal dengan lagu 'Tak Gendong' ini.

Pantauan detikcom, Selasa (4/8/2009) pukul 12.20 WIB, puluhan warga memenuhi kediaman Mamiek di Jl Kerja Bakti, Kampung Makassar, Jakarta Timur. Tarzan Srimulat juga terlihat bersama puluhan pelayat.
Rumah Mamiek memang sering digunakan Mbah Surip sebagai tempat bermain dan beristirahat. Jenazah Mbah Surip rencananya akan dimandikan, kemudian dibawa ke Mojokerto, Jawa Timur.


Mbah Surip diketahui meninggal dunia sekitar pukul 10.30 WIB, dalam perjalanan menuju RS Pusdikkes, Jakarta Timur. Diduga dia terkena serangan jantung.

Mengeluh Kelelahan, Sehari Sebelum Meninggal Mbah Surip ke Dokter

Kondisi fisik yang kelelahan untuk sementara diduga sebagai penyebab meninggalnya Mbah Surip. Sehari sebelum, dia sempat memeriksakan kondisi fisiknya ke dokter.

"Katanya karena kelelahan, kurang istirahat," kata Mamiek Prakoso melalui telepon, Selasa (4/8/2009).

Mbah Surip kemudian menginap di rumah pentolan grup lawak Srimulat itu di Kampung Makassar, Jakarta Timur. Sampai pagi ini pelantun lagu reggae "Tak Gendong" itu masih terlihat sehat bahkan sempat sarapan bersama.

Mbah Surip Alami Gagal Jantung

Penyebab kematian Mbah Surip 'Tak Gendong' sudah diketahui. Mbah Surip menderita gagal jantung.

"Tadi dia meninggal pukul 10.20 WIB. Setelah dicek mengalami gagal jantung," kata perawat UGD RS Dik Pusdikkes, Lettu Sukadi, di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Selasa (4/8/2009).

Mbah Surip dilarikan ke RS Dik Pusdikkes dalam kondisi telah meninggal dunia. Mbah Surip sebelumnya sempat dirawat di kediaman pelawak Mamiek Prakoso, anggota Srimulat.

Jenazah Mbah Surip Diotopsi

Apa penyebab Mbah Surip meninggal dunia? Belum diketahui. Saat ini jenazah penyanyi lagu 'Tak Gendong' itu sedang diotopsi.

"Sekarang sedang diotopsi mungkin sekitar 2 jam," kata Mega, petugas RS Pusdikkes, Jakarta Timur kepada detikcom, Selasa (4/8/2009).

Menurut Mega, bila meninggalnya Mbah Surip tidak ada keganjilan, maka jenazah dapat dibawa pulang oleh keluarga.

"Nanti kalau tidak ada apa-apa bisa dibawa pulang," kata Mega.

Mbah Surip meninggal pukul 10.30 WIB setelah sempat dilarikan ke rumah sakit. Saat tiba di rumah sakit, mulut Mbah Surip berbusa.

Mbah Surip Sempat Buang Air 3 Hari

Pelantun 'Tak Gendong' Mbah Surip menderita diare sebelum menghembuskan nafas terakhir. Pria berambut gimbal ini sempat buang-buang air selama 3 hari.

"Kemarin katanya sempat buang air 3 hari," ujar perawat UGD RS Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes), Wian Liani di ruang UGD RS Dik Pusdikkes, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (4/8/2009).

Menurut Wian, saat pria kelahiran Mojokerto, Jawa Timur itu diare tidak dibawa ke RS. "Saat meninggal jenazahnya dalam keadaan bersih," kata dia.

Mbah Surip meninggal dunia pada pukul 10.30 WIB. Mbah Surip tiba di RS Dik Pusdikkes telah meninggal dunia. Saat meninggal, mulut Mbah Surip berbusa.

Mbah Surip yang Serba Misterius

Urip Ariyanto alias Mbah Surip menghembuskan nafas terakhirnya Selasa (4/8/2009) pukul 10.30 WIB. Sosok Mbah Surip mulai tenar sejak iklan ring back tone (RBT) "Tak Gendong" sering tayang di TV.

Lagu "Tak Gendong" yang unik dan nyentrik ini membuat banyak anak kecil cepat hafal dan sering menirukan lagu itu. Akibatnya, orangtua mereka pun ikut-ikutan penasaran dan akhirnya menyukai lagu itu. RBT Mbah Surip pun laris manis. Apalagi videoklipnya sering diputar di TV.

Kelarisan RBT "Tak Gendong" disebut-sebut mengundang pemasukan Rp 9 miliar dan Mbah Surip pun kebagian royalti hingga Rp 4,5 miliar.

Meski terkenal, Mbah Surip yang lahir 5 Mei 1949 di Mojokerto, Jawa Timur, tetap menjadi kakek 4 cucu yang misterius. Kemisteriusannya tampak dari setiap wawancara. Mbah Surip selalu bicara berbeda-beda.

Contohnya, lagu "Tak Gendong" diakuinya diciptakan di akhir tahun 1980-an saat bekerja di Amerika Serikat. Namun di sisi lain, Mbah Surip pernah mengakui lagu itu diciptakannya saat ngamen di Bulungan, Jakarta Selatan.

Mbah Surip juga pernah mengaku menciptakan lagu itu saat meninabobokan anak penyanyi dangdut Johny Iskandar. Mana yang benar, masih misterius.

Misteri Mbah Surip juga bisa dilihat dari pengakuannya yang pernah bersekolah di luar negeri.

Mbah Surip mengaku bertitel Drs dan lulusan luar negeri dengan titel MBA. Namun saat ditanyai Surip lulusan universitas mana, Mbah Surip hanya menjawab dengan tawa khasnya,"Ha..Ha..Ha."

Begitu juga dengan jargon Mbah Surip, "I Love You Full". Arti jargon itu pernah ditanyakan ke dirinya dan Mbah Surip pun menjawab kalau artinya "Aku cinta kamu bodoh". Mbah Surip memang pernah mengaku kalau dirinya belajar salah, bukan belajar benar seperti yang orang-orang lakukan.

Pengakuan nyentrik Mbah Surip yang naik ojek untuk mengejar jadwal show, juga termasuk soal keinginannya membeli helikopter dan berduet dengan Manohara.

Mbah Surip kini telah tiada. Meski ketenaran yang dinikmatinya baru seumur jagung, Mbah Surip telah menjadi bagian dari sejarah budaya pop Indonesia.

Sumber : Berita dan Gambar dari DetikNews.Com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



2 komentar:

blog-qucluk mengatakan...

dah q pasang sob banner km,btw banner q blm da di blogmu sob .... follow balik ya...

dany mengatakan...

semoga mbah surip d terima di sisi ALLAH swt
AMIN...

Posting Komentar