Rabu, 25 November 2009

Idul Adha 1430 H dan Download Ebook-nya

Assalamu'alaikum Sobat semua ....

Sebentar lagi hari Raya Idul Adha 1430 H segera datang.
Dimana hari Raya tersebut adalah hari raya yang sama mulianya dengan hari Raya Idul Fitri yang telah berlalu beberapa bulan.

Download Ebook tentang Kisah Nabi Ibrahim yang Patut Disuri-Tauladani, DISINI.

Keutamaan Hari Qurban.

Banyak kaum muslimin yang lupa akan keagungan hari itu padahal para ulama berpendapat bahwa hari itu adalah hari yang paling utama dalam satu tahun secara mutlak bahkan melebihi hari Arafah.

Ibnu Qoyim berkata: " Sebaik-baik hari disisi Allah adalah hari Raya Qurban, yaitu hari raya Haji yang agung". Sebagaimana dijelaskan dalam Sunan Abu Dawud dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa sallam : "Sesungguhnya seagung-agung hari di sisi Allah adalah hari raya Qurban, kemudian hari menetap" (hari menetap yaitu hari menetap di Mina, yaitu tanggal sebelas). Demikian pula hari Arafah, yang juga sama-sama mulia dan agung.

Download Ebook tentang Kisah Nabi Ibrahim yang Patut Disuri-Tauladani, DISINI.

HUKUM HARI RAYA QURBAN

Hari raya ini adalah keistimewaan khusus buat umat kita, perayaan agama yang meriah, termasuk syiar dienul Islam, maka marilah kita berpartisipasi dan mengagungkannya. Allah berfirman, artinya: "Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan hati". (QS: Al-Hajj: 32)

Adab-adab dan hukum Idul Adha:

Takbir

Disyariatkan bertakbir mulai Shubuh hari Arafah (9 Dzulhijjah) sampai pada waktu Ashar di akhir hari Tasyriq (tanggal 13 Dzulhijjah). Disunnahkan bagi kaum pria meninggikan suaranya di masjid-masjid pasar, rumah, juga setiap usai shalat wajib sebagai bukti mengagungkan Allah dan menampakkan ibadah dan syukur kepadaNya.

Menyembelih Qur'ban

Dilaksanakan setelah shalat hari raya, karena Rasul Shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Siapa yang menyembelih sebelum shalat maka hendaklah mengulangi berikutnya dan siapa belum menyembelih hendaklah menyembelih." (HR. Al-Bukhari).

Waktu menyembelih adalah 4 hari, yaitu hari Idul Adha dan 3 hari Tasyrik (tanggal: 11, 12 dan 13) sebagaimana sabda Rasul Shallallaahu 'alaihi wa sallam : "Seluruh hari Tasyrik adalah hari-hari menyembelih" (Silsilah hadits shahih No. 2476)

Download Ebook tentang Kisah Nabi Ibrahim yang Patut Disuri-Tauladani, DISINI.

Mandi dan menggunakan minyak wangi bagi kaum lelaki

Berpakaian yang paling bagus tanpa berlebihan maupun terlalu panjang, tidak mencukur jenggot, karena hukumnya haram. Sedangkan bagi kaum perempuan disy ariatkan keluar ke tempat shalat tanpa pakaian mewah dan tanpa minyak wangi. Jangan sampai dalam shalat yang tujuannya berbuat ketaatan kepada Allah, mereka malah memakai pakaian yang menentangNya, seperti pakaian mewah, membuka aurat dan wewangian di depan lelaki.

Makan daging Qurban

"Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam tidak makan sampai kembali dari shalat kemudian makan dari daging Qurban".

Pergi ke tempat shalat Ied dengan berjalan kaki selagi tidak menyusahkan.

Menurut sunnah, shalat hari Raya adalah dilaksanakan di tanah lapang kecuali ada halangan, seperti hujan maka dilaksanakan di dalam masjid seperti yang dilakukan Rasul Shallallaahu 'alaihi wa sallam .

Download Ebook tentang Kisah Nabi Ibrahim yang Patut Disuri-Tauladani, DISINI.

Shalat bersama kaum muslimin

Lalu mendengarkan khutbah. Berdasar-kan firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala , yang artinya: "Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berkorbanlah" (QS. 108:2)
Shalat Ied tidak boleh ditinggal kecuali karena udzur

Menurut syariat, kaum wanita diperintahkan mendatangi juga, termasuk wanita yang sedang haidh, juga orang tua, namun posisi wanita yang haidh menjauh dari tempat shalat.

Melewati jalan yang berbeda

Di sunnahkan bagi Anda berangkat ke mushalla (tempat shalat di lapangan) hari raya ini melewati satu jalan dan pulang lewat jalan yang lain, karena Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam melaksanakan demikian.

Mengucapkan selamat berhari raya dibolehkan seperti ucapan semoga Allah menerima amal ibadah kami dan Anda sekalian.

Diambil dari blog : http://roelworks.multiply.com/

Download Ebook tentang Kisah Nabi Ibrahim yang Patut Disuri-Tauladani, DISINI.

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



6 komentar:

Blog Bisnisku mengatakan...

selamat hari raya Idul Adha yach...jgn kebanyakan makan daging kambingnya

udahdewasa mengatakan...

makan rendang & dendeng maknyossssss:D

sifa mengatakan...

wah tak terasa bentar lg hari raya..
bener kt blog bisnis biasanya habis hari raya kurban banyak yg sakit darah tinggi gara2 kebanyakan makan daging kambing he..he..
met hari raya idul adha tuk semua..

netmild mengatakan...

met idul adha prend semoga tahun ini aku bisa menyembelih sesuatu yang bisa di kurbankan...amin

rumah blogger mengatakan...

saya ambil satu ya?? thanx atas ilmunya nich

sabirinnet mengatakan...

ilmu yang bermanfaat khususnya bagi umat muslim. saya download beberapa buah ya

Posting Komentar