Jumat, 25 Desember 2009

Kejadian Bersejarah pada Hari Asyura' dan Fadhilahnya

Disarikan dari kitab-kitab I'anatut Tholibin juz II / 267.

Dari sahabat Abu Hurairah ra berkata bahwasanya Nabi Muhammad saw bersabda :
"Sesungguhnya Bani Israel berpuasa sehari setiap tahun pada Hari Asyura' (10 Muharram)".

Bertepatan dengan Hari Asyura', Allah SWT telah menunjukkan Kebesaran-Nya dengan mentakdirkan beberapa peristiwa penting dalam hari tersebut, diantaranya :

1. Allah SWT menerima taubatnya Nabi Adam as.

2. Allah SWT mengangkat Nabi Idris ke tempat yang mulia yaitu langit keempat.

3. Allah SWT mendaratkan bahtera Nabi Nuh as beserta pengikutnya dengan beberapa pasang hewan.

4. Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim as dari kobaran api raja Namrudz.

5. Allah SWT menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as di Gunung Tursina selama 40 hari.

6. Allah SWT mengeluarkan Nabi Yusuf as dari penjara yang sebelumnya beliau mendekam selama 7 tahun di penjara.

7. Allah SWT mengembalikan penglihatan mata Nabi Ya'kub as dari kebutaan.

8. Allah SWT menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub as.

9. Alah SWT mengeluarkan Nabi Yunus as dari perut Ikan Raksasa yang sempat menelannya.

10. Allah SWT memberikan mu'jizat kepada Nabi Musa as untuk membelah laut dengan tongkatnya guna menyelamatkan diri bersama pengikutnya dari kejaran Fir'aun dan Allah pun menenggelamkan Fir'aun dan pengikutnya.

11. Allah SWT memaafkan dosa-dosa Nabi Daud as pada hari Asyura'.

12. Allah SWT memberikan kerajaan yang megah kepada Nabi Sulaiman.

13. Allah SWT memberikan pengampunan dosa kepada Nabi Muhammad SAW yang telah lewat dan yang akan datang, sekalipun Nabi Muhammad SAW tidak memiliki dosa apapun.

14. Hari Asyura' pertama di kehidupan, Allah SWT menciptakan Hari, hujan pertama kali diturunkan ke bumi serta Rahmat Allah turun untuk pertama kali pada hari Asyura'.

Oleh karena itu, berhubungan dengan kejadian-kejadian tersebut diatas terdapat beberapa fadhilah / keutamaan dalam Hari Asyura', antara lain :

1. Barangsiapa yang berpuasa pada Hari Asyura', seolah-olah ia berpuasa 1 tahun penuh. Puasa Asyura' adalah puasanya para Nabi dan Rasul.

2. Barangsiapa yang meramaikan malam Asyura' dengan mengerjakan beberapa ibadah kepada Allah SWT maka ia akan diganjar sama dengan ibadahnya para malaikat di langit ketujuh.

3. Barangsiapa yang mengerjakan Sholat Sunnah (Mutlak) sebanyak 4 roka'at, 2 kali salam, setiap roka'at setelah Surat Al-Fatihah membaca Surat Al-Ikhlas 51 kali, maka dosanya selama 5 tahun diampuni oleh Allah SWT.

4. Barangsiapa di Hari Asyura' memberi secangkir minuman air atau bersedekah kepada kaum Dhuafa serta anak yatim, Allah SWT akan membalas perbuatannya dengan memberikan kecukupan pada hari dimana terdapat rasa haus dan terik matahari yang amat sangat mencekik umat manusia yaitu pada Yaumul Kiyamah dan seolah-olah manusia itu tidak pernah mengerjakan maksiat di dunia.

5. Barangsiapa yang memberikan sedekah (shodaqoh) pada Hari Asyura' seolah-olah dia tidak pernah menolak pengemis sama sekali.

6. Barangsiapa yang mandi dan mensucikan badannya dari hadats kecil maupun hadats besar di Hari Asyura', maka Allah SWT tidak akan memberikan penyakit pada 1 tahun ke depan (Insya Allahu Wallahu A'lam).

7. Barangsiapa mengusap anak yatim (memberi sebagian rejeki), maka seolah-olah ia memberi belas kasihan atau memberi sedekah kepada seluruh anak turun Nabi Adam.

8. Barangsiapa yang menjenguk orang sakit di Hari Asyura', seolah-olah orang itu menjenguk seluruh orang sakit dari anak turun Nabi Adam.

9. Barangsiapa yang menambahkan belanja keluarga dan istrinya di hari Asyura', maka Allah SWT akan membalas rejeki yang banyak selama 1 tahun di dalam tahun tersebut.

Tambahan :

Di Hari Asyura' tersebut adalah harinya Allah SWT menciptakan Arasy, Lauhul Mahfudz (kolam malaikat Jibril as), Nabi Isa diangkat ke langit dan datangnya hari kiamat total.

Betapa besar pahala dan keuntungan yang akan kita peroleh apabila kita berhasil mencermati, memahami dan melaksanakan ketentuan-ketentuan diatas, maka renungkanlah dan laksanakanlah, karena hanya manusia itu sendiri yang akan menerima manfaat dan buah hasilnya. Amiin ...!!

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



2 komentar:

sman1ciasem.com mengatakan...

Izin pasang di website sekolah kami ya :)

Anonim mengatakan...

AssaLamuaLaykum,wr,wb... Sangat bermanfaat bagi ke-iman-an dan sebagai pengetahuan ke-IsLam-an sampai akhir zaman... JazakoLLohu Khoiron..

Posting Komentar