Rabu, 10 Maret 2010

PORT ELIZABETH, Primitif jadi Wisata

Port Elizabeth atau juga dikenal dengan Nelson Mandela Bay adalah salah satu kota yang paling dicari wisatawan di Afrika Selatan. Dikenal sebagai "Kota Ramah". Kota yang ada di provinsi Tanjung Timur ini dikelilingi oleh pantai-pantai bersih dan merupakan salah satu kota pelabuhan.

Bangunan-bangunan yang ada merupakan warisan bangunan dari abad ke-19. Salah satunya adalah Opera House yang bergaya arsitektur Victoria yang hingga kini masih digunakan. Kota ini juga menjadi kota terkaya dengan koleksi bangunan Art Noveau di Afrika Selatan serta kota pelabuhan yang sibuk dan sebagai industri motor.

Pesona Tanjung Timur ada di Nelson Mandela/Port Elizabeth. Dengan lima bioma yang bertemu di sini, menjadikan kawasan ini ada dalam daftar yang harus dikunjungi wisatawan untuk menikmati beragam geografis dari Afrika Selatan. Bahkan ada yang rumor yang menyebutkan bahwa kota ini menjadi inspirasi pembuatan buku populer Lord of The Ring karena keindahan sinar matahari pantainya dan bagian-bagian pantai lainnya yang masih alami.

Awalnya kota ini dihuni oleh suku primitif Khoi dan San di dekat Sundays Rivers. Setelah pemukim Inggris datang pada 1820, kota ini dengan cepat menjadi pintu masuk para pemukim Inggris ke Afrika Selatan meski disertai perlawanan dari penduduk asli. Hingga pada 1820, Sir Rufane menamakan kota ini sebagai Port Elizabeth (untuk menghormati mendiang isterinya Elizabeth) di India.

Sayangnya, kota yang menjadi pusat perlawanan melawan apartheid ini tidak memiliki tim sepakbola yang berlaga di liga utama Afrika Selatan. Bay United dan OR Tambo Cosmos hanya mampu berada di kasta kelas dua alias Divisi 1. Sebelum Bay United, terdapat klub Michau Warriors dan Port Elizabeth Blackpool yang pernah berlaga di liga utama sebelum unifikasi yang memecah format liga. Beberapa pemain ternama dari kota ini adalah bek timnas Afrika Selatan Frank Schoeman, Patrik Mayo dan striker Blackburn Rovers Elrio van Heerden.

Data dan Fakta
Nama: Teluk Nelson Mandela/Port Elizabeth
Provinsi: Tanjung Timur
Populasi: 1.005.779 jiwa
Ketinggian: 0 m dari permukaan laut
Geografis: Berada di naungan Teluk Algoa
Iklim: Sub tropis dengan musim dingin yang disertai hujan. Memiliki suhu udara yang sejuk antara 20 C - 9 C selama musim dingin dan 25 C - 17 C pada musim panas
Sektor Ekonomi: Industri motor, Pariwisata
Klub sepakbol: Bay United, OR Tambo Cosmos (Divisi 1).

Artikel & Image : detiksport.com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar