Minggu, 07 Maret 2010

Zakumi, Singa sang Maskot Afrika Selatan

Si Macan Tutul yang ceria menjadi maskot Piala Dunia 2010, mewakili dunia safari yang begitu lekat dengan benua Afrika tersebut. Nama Zakumi berasal dari kata 'ZA' yang merupakan kode internasional Afrika Selatan dan kata 'Kumi' yang artinya sepuluh – sepuluh bahasa yang dimiliki Afrika Selatan.

Karakter Zakumi sebenarnya sudah terlahir jauh-jauh hari sebelum Afrika Selatan ditunjuk untuk menggelar Piala Dunia 2010. Maskot dengan karakter macan tutul itu lahir pada 1994 yang menyimbolkan persatuan Afrika Selatan pasca apartheid.

Zakumi merupakan karakter macan tutul jantan berwarna kuning dengan rambut berwarna hijau. Pemilihan warna-warna yang dipakai pada Zakumi memiliki arti tersendiri. Warna hijau dan kuning seperti warna pada jersey timnas olahraga Afrika Selatan termasuk timnas sepakbolanya.

Zakumi adalah karakter yang menghibur semua orang dan bertekad untuk menyajikan yang terbaik bagi semua orang yang mengunjungi negaranya. Ia akan menjadi penghibur untuk para suporter, para pemain, ofisial, anak-anak sekolah, remaja bahkan orang dewasa sekalipun.

Sosok Zakumi tidak hanya melambangkan Afrika Selatan tapi juga ia turut menjadi representasi benua Afrika secara keseluruhan yang ditunjukkan kepercayaan dirinya, harga diri, fasilitas kesehatan, social skill dan kehangatan hati.

Zakumi adalah karakter yang periang, percaya diri, gemar akan petualangan, spontan dan cukup cerdik. Ia senang tampil di depan orang banyak dengan mengikuti insting dan intusinya meski sesekali cenderung berlebihan. Ia juga digambarkan sebagai karakter yang memiliki kehangatan hati dan peduli akan sesama serta selalu ingin memiliki teman sebanyak mungkin.

Zakumi juga senang bermain sepakbola. Bagi dia, sepakbola adalah salah satu cara yang tepat untuk menghubungkan seluruh manusia di seluruh penjuru dunia tanpa mengenal batasan bahasa. Ciri khasnya ialah dia selalu membawa bola di mana pun berada dan senang mengajak orang lain untuk bermain bersamanya.

Dengan moto resmi "Zakumi's game is Fair Play", Zakumi memiliki misi utama yaitu untuk mempersatukan semua orang di dalam satu wadah Piala Dunia 2010 sebagai pesta yang penuh kebahagiaan dan tak akan pernah terlupakan. Zakumi ingin menunjukkan kepada dunia akan kehangatan dan semangat dari benua Afrika.

Sumber : detiksport.com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar