Senin, 21 Juni 2010

Fantastis !!! Korea Utara 'dimutilasi' Portugal 0-7

Setelah Brasil mengalahkan Pantai Gading 3-1 dengan permainan eksplosif, selanjutnya giliran Portugal yang berhasil 'memutilasi' Korea Utara dengan skor yang cukup fantastis, 7-0 !!!

Inilah skor terbesar sementara yang tercipta di Piala Dunia 2010.

Di tengah Green Point Stadium, Capetown, yang tengah diguyur hujan mulai peluit kick-off ditiupkan, permainan Portugal telah begitu mendominasi pertandingan melawan Korea Utara. Determinasi serangan tidak pernah kendur dan selalu dilancarkan. Pemain-pemain Portugal begitu leluasa merepotkan pertahanan Korea Utara yang dikomandoi oleh Hong Yong Jo. Namun pasukan Chollima-sebutan untuk skuad Korea Utara-mampu meladeni perlawanan Portugal dengan tetap bermain cantik melalui operan dari kaki ke kaki yang pernah ditunjukkan kala dikalahkan Brasil 'hanya' dengan skor 1-2.

Pada babak I, perlawanan Korea Utara masih cukup mampu membuat ketar-ketir kubu Portugal. Pantas saja, Portugal hanya mampu melesakkan gol di menit ke-29 melalui sepakan Raul Meireles.

Namun sangat berbeda yang terjadi di babak II, Korea Utara dibuat 'mati kutu' melawan permainan dengan determinasi sangat tinggi yang diperagakan oleh anak-anak Portugal. Perubahan strategi yang diterapkan oleh pelatih Portugal Carlos Queiroz cukup ampuh dalam memborbardir pertahanan Korea Utara. Hampir 60% Ball Possession berada di kaki kubu Portugal dengan permainan merata di setiap lini belakang, tengah dan depan. Nampak dalam statistik, permainan Portugal dominan di sektor kanan serangan, melalui sang jenderal lapangan tengah di sayap kanan yang langsung dipimpin oleh Cristiano Ronaldo. Banyak umpan-umpan matang berasal dari pemain yang bernomor punggung 7 ini. Sebelumnya dibabak I, peran Cristiano Ronaldo tidak begitu tampak, namun di babak II, Ronaldo begitu tampak 'hidup'. Dia tidak sendirian, dibantu dengan permainan brilian dari Simao Sabrosa, Tiago, Liedson, Raul Meireles dan Hugo Almeida akhirnya Portugal berhasil memborong gol demi gol dengan cepat melalui Simao (menit ke-53), Hugo Almeida (56), Tiago (60 & 89), Liedson (81) dan yang terakhir Cristiano Ronaldo (87). Akhirnya gelar Man of the Match disematkan kepada Cristiano Ronaldo yang begitu berperan penting dalam kemenangan besar timnya.

Dengan hasil pertandingan tersebut, Portugal mengumpulkan poin 4 yang masih harus 'bertarung' dengan Pantai Gading untuk memperebutkan posisi runner-up. Brasil yang telah dinyatakan lolos dari fase grup akan didampingi Portugal atau Pantai Gading dengan syarat :

Portugal bisa lolos jika pada pertandingan terakhir :
- menang atas Brasil atau bermain seri.
- Pantai Gading kalah melawan Korea Utara.
- Pantai Gading menang melawan Korea Utara dengan skor tidak lebih dari 7-0.

Pantai Gading bisa lolos jika pada pertandingan terakhir :
- Menang telak lebih dari 7-0 dengan Korea Utara.
- Portugal kalah dari Brasil.

Sumber image : fifa.com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar