Rabu, 20 Juni 2012

Sering Ngantuk di Siang Bolong? Ini Penyebabnya

Sering mengantuk di siang hari? Anda pasti beralasan karena tidur malam yang kurang. Padahal, penelitian terbaru menunjukkan bahwa rasa kantuk dan lesu di siang hari dipicu oleh gaya hidup tak sehat serta stres emosional.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Alexandros Vgontzas dari Penn State University memeriksa 1.741 orang dewasa untuk mengetahui apa yang menyebabkan rasa kantuk dan kelelahan di siang hari.

Ditemukan 222 peserta yang memiliki rasa kantuk berlebihan dan peneliti menindaklanjutinya dengan wawancara pada 7,5 tahun kemudian. Hasilnya, peneliti menemukan kenaikan berat badan memengaruhi seseorang terus mengalami rasa kantuk di siang hari. Selain itu depresi juga menjadi faktor terbesar penyebab rasa kantuk berlebihan di siang hari.

"Temuan utama penelitian kami menunjukkan bahwa depresi dan obesitas merupakan faktor risiko utama untuk serangan rasa kantuk berlebihan," jelas Dr Alexandros Vgontzas. Ngantuk di siang hari dan kurang tidur tak hanya membuat seseorang uring-uringan, memengaruhi kinerja dan meningkatkan kecelakaan.

Parahnya, risiko kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit diabetes dan jantung juga mengancam nyawa. "Epidemi ngantuk sama dengan epidemi obesitas dan stres psikososial.
Penurunan badan, depresi, dan gangguan tidur harus menjadi prioritas kita dalam mencegah komplikasi medis dan bahaya keselamatan publik terkait dengan kantuk berlebihan," ungkap Dr Vgontzas, dilansir melalui Sciencedaily (19/6)

Sumber : id.she.yahoo.com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



11 komentar:

sifa mengatakan...

Top nich mas artikelnya. Kl saya malah susah tidur siang he...yuk mas hakim ikutan kontes seo indomaret dan deprimaterra sp th bs menang bt iseng sekalia blogging.

pengobatan kanker otak mengatakan...

artikelnya ngasih inspirasi nih

pengobatan kanker paru paru mengatakan...

terima kasih sudah mau berbagi

Obat Tradisional Stroke mengatakan...

thank's and good luck !!

Obat Tradisional Luka Diabetes mengatakan...

pagi all

Obat Tradisional Migren mengatakan...

makasih infonya

Obat Tradisional Kanker Payudara mengatakan...

semoga sukses selalu

Obat Tradisional Penyakit Keputihan mengatakan...

Salam kenal dan sukses selalu

Obat Tradisional Penyakit Sakit Pinggang mengatakan...

infonya sangat bermanfaat sekali

Obat Tradisional Penyakit Jantung Koroner mengatakan...

siang all

Obat Tradisional Penyakit Kanker Usus mengatakan...

jangan lupa mampir balik ya gan

Posting Komentar