1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa mengetahuinya ?
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus:
Pernah memperhatikan papan/tugu nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah. Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer, jadi yang penting angka keduanya 1 tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah.
Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias Corporate Owner Corporate Operate, CODO yakni Corporate Owner Dealer Operate. Terakhir DODO, Dealer Owner Dealer Operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com.
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. Kalau bisa disarankan mengisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya cukup bagus..
Menurut informasi juga, dari sopir taksi dan orang-orang yang telah pengalaman ngecek pada saat mengisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua 1) takarannya sesuai, sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda "PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding denanda yang kode 34.
Cara membuktikannya :
Coba bagi anda yang menggunakan mobil/motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1) akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda SPBU dengan tanda kode lainnya.
Coba anda bandingkan jumlah mobil/motor yang MENGISI bensin di SPBU tersebut, di SPBU kode 31 (Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi.
Coba anda mengisi 1 (satu) liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1) dan pom bensin 34, bandingkan saja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis)..
Coba anda tanya kepada sopir angkot atau sopir taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1) karena mereka juga banyak mengisi bensin di pom bensin 31. Bisa dibuktikan sendiri, namun tidak semua SPBU berkode 34 tidak semuanya bertindak seperti yang dipaparkan diatas.
2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernahkah anda sewaktu mengisi bensin, tuasa handle ditekan berkali-kali oleh petugasnya? pasti pernah anda melihat / mengalami pengalaman seperti itu. Kenapa begitu? karena banyak oknum yang "nakal" dengan cara memainkan takaran bensin dengan tanda seperti itu sehingga jumlah bensin yang terisi lebih sedikit dari jumlah yang seharusnya..
Pengalaman saya mengisi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1), petugas tidak pernah menekan-nekan tuas handle selang, sewaktu mengisi, sedangkan di kode 34 anda bisa buktikan sendiri apabila anda mengisi bensin, harap petugasnya ditegur saja..
3. ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena temperatur
4. ISILAH BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tangki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi, tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
5. JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
Semoga bermanfaat.
Sumber : kaskus.co.id, image dari blognyamitra.wordpress.com
.
.
.
ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).
40 komentar:
Ohhh.... gr
wah baru tahu saya, thanks ya informasinya. selama ini tidak pernah merhatiin hal2 seperti itu tiap isi bensin.
@ Sifa Wibowo :
Ya Mbak... thanks dah visit ...
makasih infonya
semoga sukses selalu
jangan lupa mampir balik ya gan
infonya sangat bermanfaat sekali
makasih infonya
Salam kenal dan sukses selalu
semoga sukses selalu
jangan lupa mampir balik ya gan
infonya sangat bermanfaat sekali
thank's infonya
waah,keren banget informasinya... sukses selalu ya
mantap ya infonya, say ikut backlink disini ya
terimakasih ya atas informasinya gan
makasih infonya
semoga sukses selalu
Salam kenal dan sukses selalu
jangan lupa mampir balik ya gan
numpang backlink ya
thanks ya gan buat informasinya
salam kenal ya.
informasinya sangat bermanfaat.
hello semuanya... ikut backlink sini ya
very good in information
sukses ajach deh buat artikelnya, lam kenal
hallo.......
sukses ya buat infonya
ilmu baru nih,makasih ya
infonya menarik
saya ikut nyimak artikelnya... sangat bermanfaat banget
makasih banyak ya gan jadi nambah ilmu ne
mudah-mudahan artikelnya semakin maju dan sukses selalu
thank's and good luck
makasih banyak ya, ini pertama kalinya saya posting
Waaah, keren banget informasinya..... sukses selalu ya
mantap ya infonya, saya ikut backlink disini ya
terimakasih ya atas informasinya gan
Ok Sob.. Dtggu kunbalnya and thanks dah visit...
nice share.
thx...
blog roll
Posting Komentar