Rabu, 24 Februari 2010

AZAZEL atau AZAZIL, apakah atau siapakah ia?



Setelah menonton film thriller FALLEN yang dibintangi oleh Denzel Washington, saya terkesima dengan sepanjang cerita/skenario/setting yang dipertontonkan. Denzel yang berperan sebagai detektif John Hobbes yang tengah memerangi pembunuhan berantai sadis yang akhirnya pembunuhnya, Edgar Reese (diperankan oleh Elias Koteas), tertangkap dan dihukum mati di kursi listrik. Namun pembunuhan berantai ini terus berlanjut dengan tipe / modus operandi pembunuhan yang persis sama dengan meninggalkan korban di bak kamar mandi dan pembunuhnya memakan pizza serta memposisikan bungkus makanan dan piring kecil di meja dengan posisi yang sama. Setelah itu selanjutnya, detektif John Hobbes dihadapkan kepada kejadian diluar nalar akal sehat, ternyata dia terjebak dengan serangkaian kejadian mistik sehubungan dengan kasus-kasus pembunuhan berantai yang terus berlangsung. Ternyata kasus pembunuhan berantai yang tengah berlanjut adalah ulah supranatural iblis yang disebut AZAZEL. Iblis ini tidak mempunyai wujud, namun bisa menguasai jasad manusia dan menyerang orang yang berusaha membasminya, dalam hal ini John Hobbes. Orang yang dirasuki AZAZEL, cepat sekali berpindah jasad apabila orang tersebut menyinggung/menyenggol atau menyentuh tangan orang lain dan orang yang tengah dirasuki AZAZEL tersebut langsung serta merta membenci John Hobbes.
Detektif ini terus memerangi AZAZEL sebagai "tersangka" pembunuhan yang tidak bisa dikalahkan dengan kemajuan tehnologi, penyerahan bukti akurat dan kesaksian di Pengadilan yang akhirnya menyeret John Hobbes menuju kehancuran kariernya. Sebabnya, kasus pembunuhan berantai pada korban terakhir, terdapat banyak bekas sidik jarinya. Dia tidak sendirian, dia dibantu oleh seorang rekan kerjanya Jonesy (diperankan oleh John Goodman) dan aktris cantik Embeth Davidtz yang berperan sebagai Gretta Milano yang notabene ayahnya yang seorang polisi mati bunuh diri karena dirasuki AZAZEL. Film tersebut penuh intriks dan kejadian mistis yang mengundang decak kagum penonton termasuk saya.

Jadi, saya mencoba mencari di Wikipedia dan sumber lainnya, apa sih AZAZEL itu? atau jenis iblis apa dia?
Ternyata saya dapatkan jawabannya (versi Wikipedia) sebagai berikut :



Azâzîl (Bahasa Arab: عزازل, Inggris: Azazel, Izazil) adalah nama asli dari Iblis dan merupakan nenek moyang para Jin. Menurut legenda bahwa sebelum diciptakannya Adam, Azâzîl pernah menjadi Imam para Malaikat atau Sayyid al-Malaikat (Penghulu para Malaikat), Khazin al-Jannah (Bendaharawan Surga) dan Abu al-Jan (Bapak para Jin).

Etimologinya :

Azâzîl terdiri atas al-‘azâz yang berarti 'hamba' dan al-îl yang berarti 'melata'. Kata al-‘azâz berasal dari al-‘izzah yang berarti kebanggaan atau kesombongan. Dinamakan demikian karena ia tercipta dari api. Kata al-‘azâz (العزاز) terdiri dari empat huruf, yaitu huruf ‘ain, zây, alif, dan zây yang kedua. Masing-masing huruf menunjukkan sepak terjang iblis, karena setiap nama itu menunjukkan perbuatan pemiliknya.

Dari huruf ‘ain muncul kata ‘ulluw ‘kesombongan’, dari huruf zây muncul kata zuhw ‘sikap takabur’, dari huruf alif muncul kata ibâ’ ‘pembangkangan’ dan istikbâr ‘sifat angkuh’. Kesombongan, sikap takabur, pembangkangan, dan sifat angkuh merupakan sifat-sifat yang dimiliki iblis. Inilah tafsir nama asli iblis yaitu Azâzîl.

Azâzîl sangat banyak memiliki julukan, seperti Sayidul Malaikat dan Khazinul Jannah.
Di setiap langit ia memiliki julukan yang sangat bagus, yaitu:

* Langit Pertama (ar-Rafii'ah), disebut al-Abid ahli ibadah, selalu mengabdi luar biasa kepada Allah.
* Langit Kedua (al-Maa'uun) disebut ar-Raki yaitu ahli ruku.
* Langit Ketiga (al-Maziinah) disebut as-Saajid yaitu ahli sujud.
* Langit Keempat (az-Zahirah) disebut al-Khaasyi yaitu selalu merendah dan takluk kepada Allah.
* Langit Kelima (al-Muniirah) disebut al-Qaanit yaitu selalu ta'at.
* Langit Keenam (al-Khaliishah) disebut al-Mujtahid bersungguh-sungguh dalam beribadah.
* Langit Ketujuh (al-Ajiibah) disebut az-Zahid sederhana dalam menggunakan sarana hidup.
Tambahan dari saya : jelas nama-nama iblis yang menaungi tujuh langit tersebut dari arti yang sangat indah tersebut adalah sebelum Allah menciptakan Adam, karena setelah penciptaan Adam, Allah merubah wujud iblis yang mulanya sempurna menjadi jelek dan menyerupai hewan karena tidak mau menghormati keberadaan / kelahiran Adam.

Wujud Azâzîl

Sebelum Penciptaan Adam

Sebelum dilaknat oleh Allah, Azâzîl memiliki wajah rupawan cemerlang, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggaan para malaikat dan dia juga pemimpin para malaikat qarubiyyin dan masih banyak lagi.

Setelah Penciptaan Adam

Setelah ia enggan untuk bersujud kepada Adam, Allah merubahkan mukanya pada asalnya yang sangat indah cemerlang menjadi bentuk seperti babi hutan. Allah merubah kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung, wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya. Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam, kedua bibirnya seperti bibir lembu, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai.

Penangguhan Umur Azâzîl

Azâzîl diberi umur hingga hari akhir kiamat. Dengan janji untuk menyesatkan manusia sebanyak mungkin dan menemaninya di neraka Jahannam kelak.

Permintaan Azâzîl kepada Allah :

Berkata iblis: "Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan". (QS. Al-Hijr, 15:36) ”

Lalu Allah berfirman yang artinya :

Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahanam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya". (QS. Shaad, 38:85).

Itulah sekelumit tentang AZAZEL atau AZAZIL.

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sedikit ralat pembunuhnya dihukum mati di kamar gas (chamber room) bukan di kursi listrik ^_^

Posting Komentar