Rabu, 10 Maret 2010

RUSTENBURG, Surga Platina

Afrika Selatan ternyata tidak hanya kaya akan tambang emasnya. Akan tetapi juga tambang platina. Rustenburg menghasilkan tambang platina terbesar kedua di dunia dan tempat penyulingan platina terbesar yang menyuling 70% platina yang ada di dunia ini.

Daerah ini dihuni oleh suku asli Bafokeng yang telah mendiami daerah ini selama kurang lebih 200 tahun. Setelah kedatangan imigran dari Belanda, pada 1851 mereka menamakan daerah ini Rustenburg yang artinya 'tempat istirahat'.

Letaknya di jantung sabana bushveld yang ada di kaki bukit Pengunungan Megaliesburg yang berada di Provinsi Barat Laut. Rustenburg hanya berjarak 30 kilometer dari kota sensasional Sun City yang terkenal dengan resort utama di Afrika.

Sun City menawarkan banyak hiburan termasuk The Palace of Lost City, di mana pengunjung dapat menaiki balon udara, The Valley of Waves, hutan seluas 25 hektar dan Bendungan Hartebeesport yang hanya berjarak 40 menit. Bagi pengunjung yang menginginkan ketenangan, Rustenburg adalah daerah yang tepat untuk disinggahi.

Sebagai kota penyelenggara Piala Dunia 2010 dengan Royal Bafokeng sebagai stadionnya, Rustenburg hanya memiliki satu klub sepakbola profesional yakni Platinum Stars. Beberapa tahun belakangan, Platinum Stars menjadi ancaman bagi klub-klub papan atas di Liga Utama Afrika Selatan. Demi merebut titel juara, klub yang diarsiteki oleh mantan kapten timnas Afrika Selatan Steve Kompela ini membeli banyak pemain bintang. Sebut saja Dillon Sheppard, Jabu Pule Mahlangu dan mantan bek Tottenham Hotspurs Mbulelo 'Old John' Mabizela.


Data dan Fakta
Nama: Rustenburg. Dinamai oleh imigran Belanda
Provinsi: Barat Laut
Populasi: 395.539 jiwa
Ketinggian: 1.500 m diatas permukaan laut
Geografi: Berada di Dataran Tinggi dengan pegunungan rendah dan padang rumput di barat laut Afrika Selatan
Iklim: Sub tropis dengan suhu rata-rata 16 C selama musim dingin. Pada musim panas, biasanya hanya mencapai 31 C
Sektor Ekonomi: Tambang, Pertanian
Klub Sepakbola: Platinum Stars (Liga Utama).

Artikel & image : detiksport.com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar