Jumat, 16 April 2010

Yoga : Solusi Stress Fisik di Tempat Kerja (1)

Sekalipun Anda mencintai pekerjaan Anda, namun menghabiskan seharian waktu di meja kerja akan membuat tubuh serasa remuk dan lelah. Bahkan kelelahan tersebut bisa menyebabkan leher Anda kaku, cedera pada otot, sakit kepala, rasa nyeri pada lutut dan persendian hingga pada mata.

Terang saja Anda merasa sangat lelah, dengan beban pekerjaan yang sangat banyak seperti itu tentunya fisik Anda merasa lelah. Anda membutuhkan lebih dari sekedar istirahat dan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Namun untuk pertolongan pertamanya, Anda bisa mempraktekkan beberapa gerakan yoga ini selagi Anda merasa lelah dan butuh rasa rileks.

Bisa dicoba di tempat kerja ataupun dirumah.

Gerakan 1 : Untuk rasa nyeri dan tegang pada pergelangan tangan dan tangan

Penyebab : kegiatan mengetik Anda dan mengerjakan setumpuk file yang tiada habis-habisnya. Akibatnya otot-otot di pergelangan dan tangan Anda kaku, serta peredaran darah tidak berjalan lancar.

Yoga trik !

Duduk dengan posisi tegak di kursi kerja Anda, pastikan tubuh Anda rileks, kendurkan bahu dan biarkan telapak kaki Anda menyentuh lantai. Pada saat Anda menarik nafas, ulurkan tangan Anda ke meja di depan Anda dan lakukan gerakan meraih sejauh mungkin jari-jari Anda dapat meraih. Dalam kondisi ini tekan telapak tangan Anda ke atas meja. Lakukan sampai pada hitungan ke 4.

Saat membuang nafas Anda, lakukan gerakan meraih ke atas kepala Anda seakan Anda ingin memetik bintang di langit. Biarkan bahu dalam keadaan tetap rileks agar semua otot di tangan Anda kendur.

1 set gerakan ini 5 kali, Anda bisa melakukan hingga 3 set saat Anda merasa ada yang tak beres dengan pergelangan atau tangan Anda.

Gerakan 2 : Untuk rasa nyeri dan kaku di kaki dan ankle

Penyebab : high heels Anda yang memang memberikan penampilan profesional serta menambah kepercayaan diri Anda ternyata sekaligus membuat otot Anda kaku dan kaki Anda kelelahan.

Yoga trik !

Lepaskan kaki Anda dari sepatu Anda, ambil posisi di kursi yang nyaman kemudian angkat kaki kanan Anda, seperti gerakan bersila taruh kaki kanan Anda di atas lutut kiri. Kemudian satukan kaki kanan dengan tangan kiri Anda, seakan antara kaki dan tangan Anda sedang berpegangan satu sama lain. Angkat sedikit ke atas dan tarik ke arah depan. Ulangi dengan kaki sebelahnya selama masing-masing 5 kali.

Setelah melakukan gerakan tersebut, pijat lembut telapak kaki Anda agar terasa lebih nyaman.

Gerakan 3 : Nyeri pada leher dan bahu

Penyebab : kegiatan Anda di atas meja, entah mengetik atau menyelesaikan setumpuk file membuat leher dan bahu Anda tegang dan kaku. Akibatnya Anda sering merasa pusing.

Yoga trik !

Gerakan awal adalah letakkan kaki Anda di lantai, kemudian pegang bahu Anda dengan posisi jari-jari menghadap ke lantai, kemudian mulai putar bahu Anda ke depan dan ke belakang.

Gerakan kedua, dengan posisi tangan yang sama cobalah untuk menyatukan kedua siku dan kemudian berusaha menyentuh bagian tubuh Anda semaksimal mungkin. Atur nafas Anda pada hitungan ke 1 tarik nafas, buang di hitungan ke 4, mulai tarik di hitungan ke 5 dan buang di hitungan ke 10.

Gerakan 4 : Nyeri pada otot-otot mata

Penyebab : terlalu lama melihat monitor komputer atau berkas-berkas file tanpa henti dan tak ada pemandangan lain selain hal itu.

Yoga Trik !

Alihkan pandangan Anda dari monitor atau berkas-berkas Anda. Duduk di sebuah kursi dengan posisi yang rileks, akan lebih baik lagi jika di depan Anda adalah tetumbuhan hijau atau taman. Kemudian gerakan mata Anda searah jarum jam 12, pindah ke jam 3, jam 6, jam 9 dan kembali lagi ke jam 12. Lakukan 5 kali dan putar gerakan mata Anda ke arah jarum jam sebaliknya selama 5 kali pula.

Gerakan 5 : Nyeri pada punggung

Penyebab : terlalu lama tegang di depan meja kerja Anda dan lupa diri larut dalam pekerjaan.

Yoga Trik !

Duduk di atas kursi Anda dengan posisi rileks, luruskan kaki dan biarkan menyentuh lantai. Raih bagian belakang kursi Anda dan pertahankan posisi Anda selama beberapa detik.

Kembali pada posisi rileks dan ulangi gerakan awal selama 5 kali.

Terasa lebih segar dan nyaman bukan? Nyeri pada tangan, bahu atau punggung, kini tak akan menghalangi profesionalitas kerja Anda lagi.

Silahkan mencoba !!

Sumber : KapanLagi.Com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar