Sabtu, 10 April 2010

JOHANNESBURG, Surga Emas

Seperti halnya RUSTENBURG sebagai Surga Platina, Johannesburg adalah salah satu kota paling terkenal di Afrika Selatan sebagai penghasil tambang emas yang mampu menyumbangkan pendapatan negara sebanyak 12%. Tak heran apabila, Jo'burg --sebutan lain untuk Johannesburg-- menjadi penggerak roda perekonomian Afsel yang utama.

Johannesburg adalah sebuah kota yang benar-benar Afrika. Hal itu terlihat dari pluralitas dengan tidak adanya batasan antara ras satu dengan yang lainnya. Kota ini banyak dihuni baik orang-orang keturunan asli Ndebele dan Tswana maupun pemukim dari Eropa, India bahkan Cina.

Menjadi kota metropolitan yang selalu sibuk, Johannesburg tidak melupakan arti pentingnya penghijauan. Disana banyak terdapat sekitar 2.328 jalur hijau yang terwujud dalam bentuk taman yang tersebar di seluruh penjuru kota. Bukan berarti Johannesburg tidak memiliki tempat wisata yang menarik. Sejumlah tempat bersejarah seperti Museum Apartheid, Gedung Konstitusi, memori hidup kota kecil di barat daya Johannesburg yaitu Soweto. Pengunjung dapat juga pergi ke pasar tradisional tertua di kota tersebut, Mai-Mai.

Johannesburg pada awalnya dinamakan eGoli (tempat emas) oleh penduduk aslinya, Suku Tswana. Setelah seorang Australia menemukan emas pada 1886, Johannesburg mulai dibangun sebagai kota. Sama halnya dengan daerah lain, kota berpenduduk 3,2 juta jiwa itu tak luput dari politik apartheid. Soweto yang mendiami daerah barat daya menjadi alat utama dalam memerangi praktek nyata rasisme itu. Mereka menandatangani Freedom Charter yang menyangkut tentang kesetaraan dalam semua hal.

Di kota ini terdapat dua rival abadi dalam sepakbola Afrika Selatan yaitu Kaizer Chiefs dan Orlando Pirates yang sama-sama bermain di liga utama. Bak Barcelona dan Real Madrid di Spanyol, pertandingan antara Kaizer dan Orlando selalu menyedot seluruh penggemar sepakbola di Afrika Selatan.

Banyak pesepakbola ternama yang terlahir disini. Jomo Sono, Kaizer Motaung, Ace Ntsoelengoe, Doctor Khumalo, Lucas Radebe dan masih banyak lagi. Sono pernah bermain dengan legenda hidup Brasil, Pele dan Franz Beckenbauer di New York Cosmos. Sementara Ntsoelengoe mengalami sukses besar di Liga Sepakbola Amerika Utara.


Data dan Fakta
Nama: Johannesburg. Bisa disebut juga Jozi, Joburg atau EGoli
Provinsi: Gauteng
Populasi: 3,2 juta jiwa
Ketinggian: 1.753 m di atas permukaan laut
Geografis: Terletak di dataran tinggi sebelah timur Afrika Selatan
Iklim: Kering. Suhu musim dingin antara 24-16 C sedangkan pada musim panas suhu melebihi 30 C
Sektor Ekonomi: Retail, Keuangan
Klub Sepakbola: Bidvest Wits, Kaizer Chiefs, Moroka Swallows Orlando Pirates (Liga Utama), FC AK, Jomo Cosmos (Divisi 1)

Sumber : pialadunia.detiksport.com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



1 komentar:

nuances pen mengatakan...

Penduduknya sedikit mengukir prestasi pemain sepak bola dunia tidak hanya satu tapi banyak, bagaimana dengan negara kita! Belum ada satupun yang muncul!

Posting Komentar