Jumat, 04 Juni 2010

Rangkuman Partai-Partai Ujicoba Jelang Piala Dunia 2010

Italia Masih Belum Mumpuni

Italia tampil kurang meyakinkan sebagai salah satu kandidat peraih trofi juara dunia 2010. Akan tetapi, Fabio Cannavaro meyakini timnya bisa membalikkan keadaan.

Kritik tajam kembali dialamatkan kepada Gli Azzurri. Menyusul kekalahan 1-2 atas Meksiko pada laga yang digelar Jumat 4 Juni 2010.

Sebabnya jelas. Italia masih memperlihatkan penampilan yang kurang mumpuni sebagai tim calon juara menjelang Piala Dunia yang tak kurang akan digelar enam hari lagi.

"Kami harus meningkat dan kami akan bisa melakukannya. Jadi kami siap untuk meladeni Paraguay pada 14 Juni nanti," yakin skipper berusia 35 tahun tersebut seperti diberitakan Yahoo Sports.

"Sedangkan terkait kritik, mereka memang selalu ada di sekitar kami di Piala Dunia tapi mereka adalah hal yang baik buat kami. Sehingga kali ini kami pun tetap akan baik-baik saja," tegas pemain yang baru saja bergabung dengan Al Ahli itu.

Alberto Gilardino juga mendukung Cannavaro. Pemain yang kerap disapa Gila itu yakin timnya belum menunjukkan permainan yang sebernanya.

"Anda akan melihat Italia sebenarnya pada saat melawan Paraguay," ujar bomber Fiorentina itu singkat.

Jerman Bekuk Bosnia
Jerman kembali meraih hasil positif dalam laga uji coba jelang Piala Dunia. Melawan Bosnia Hezergovina, juara dunia tiga kali itu menang 3-1 yang diwarnai dua buah tendangan penalti.

Pada laga yang dilangsungkan di Commerzbank-Arena, Jumat 4 Juni 2010 dinihari WIB, pelatih Joachim Loew menurunkan formasi 4-2-3-1 kegemarannya. Sebagian besar pemain inti sudah diturunkan. Di sektor penjaga gawang Manuel Neuer diberi kesempatan tampil penuh.

Bosnia membuat kejuta dengan unggul duluan di menit ke-15 lewat Edin Dzeko. Diawali kesalahan Phillip Lahm dalam membuang bola yang mengenai dada Dzeko. Dan pantulan bola tersebut mengarah ke dalam gawang tanpa mampu dijangkau Neuer.

Pada menit ke-23 gebrakan Lukas Podolski di sisi kiri pertahanan Serbia diakhiri dengan crossing datar yang menemui Sami Khedira. Namun sepakan gelandang Stuttgart itu masih melenceng dari sasaran.

Babak pertama usai Bosnia masih memimpin dengan skor 1-0.

Lima menit setelah restart Jerman mampu menyamakan kedudukan. Bola terobosan ke kotak penalti disambut Lahm yang berlari menyongsong bola dan melepaskan tembakan keras menghujam gawang Bosnia.

Di menit ke-72 Jerman berbalik lewat hadiah penalti menyusul pelanggaran kepada Marko Marin. Bastian Schweinsteiger yang maju sebagai eksekutor sukses menyarangkan si kulit bundar.

Jerman mencetak gol ketiganya di menit ke-77 dan kembali lewat titik penalti. Schweni lagi-lagi berhasil menempatkan bola di jala Kenan Hasagic untuk membawa Jerman memimpin 3-1 dan bertahan hingga usainya laga.

Navas Menangkan Spanyol dengan skor Tipis 1-0 atas Korea Selatan

Spanyol dengan susah payah menaklukkan Korea Selatan 1-0 dalam laga ujicoba jelang Piala Dunia. Tampil sebagai pahlawan La Furia Roja adalah Jesus Navas yang mencetak gol kemenangan.

Dalam laga yang dihelat di stadion Tivoli Neu, Kamis 03 Juni 2010 malam WIB, Spanyol sejak peluit awal dibunyikan memegang kendali permainan dengan operan-operan pendek khas mereka. Namun ketatnya pertahanan Korsel membuat Spanyol kesulitan mengkreasi peluang di depan gawang.

Peluang bersih pertama Spanyol baru hadir di menit ke-34. Umpan Juan Mata menemui Cesc Fabregas dan seketika Fabregas melepaskan tembakan keras yang masih menghantam mistar gawang Lee Won Jae.

Hingga babak pertama usai skor kacamata tetap bertahan.
Lagi-lagi di babak kedua Spanyol masih kesulitan untuk membongkar benteng yang dibangun Lee Young Pyo dkk di belakang. Dan shot on goal pun baru diperoleh di menit ke-72 lewat sepakan David Villa dari luar kotak penalti yang masih tepat di pelukan kipe Jung Sung Ryong.

Kebuntuan itu akhirnya pecah di menit ke-87 setelah tendangan keras Navas dari jarak 25 yard membuat bola bersarang pojok kanan atas gawang Sung Ryong. Skor 1-0 pun tetap terpampang di papan skor hingga berakhirnya laga.

Brasil pecundangi Zimbabwe

Untuk pertama kalinya Brasil turun dalam laga ujicoba jelang Piala Dunia. Yang jadi lawannya adalah Zimbabwe dan 'Tim Samba' menang tiga gol tanpa balas.

Dalam laga yang dihelat di National Stadium, Rabu 02 Juni 2010 malam WIB, Brasil yang secara kualitas jauh di atas Zimbabwe mendapat perlawanan ketat dari lawannya tersebut. Menurut catatan opta, Brasil dan Zimbabwe sama-sama membuat tujuh tembakan.

Kabar buruk didapat Brazil di babak pertama ini saat kiper nomor satu mereka Julio Cesar harus meninggalkan lapangan di menit ke-26 untuk digantikan Heurelho Gomes. Belum ada penjelasan lanjut apakah pemain Inter Milan itu mendapat cedera parah atau tidak.

Gol pertama Brasil baru disunting pada menit ke-41. Free kick keras Michel Bastos dari sisi kanan pertahanan Zimbabwe melesak mulus ke pojok atas gawang Sibanda.

Dua menit setelahnya Brasil menggandakan keunggulan setelah umpan terukur Maicon mampu diteruskan Robinho dengan sepakan yang menembus jala Zimbabwe.

Elano mencetak gol pamungkas Brasil di menit ke-56. Diawali umpan satu dua antara Julio Baptista dan Dani Alves di dekat kotak penalti. Nama terakhir melepaskan umpan datar dan Elano dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Tak ada lagi gol tambahan tercipta meski Brasil mempunyai beberap peluang dan skor akhir tetap 3-0.

Belanda semakin tokcer

Kurang dari 10 hari lagi Piala Dunia akan bergulir dan timnas Belanda mencatat hasil positif dalam laga ujicoba kontra Ghana, Rabu 02 Juni 2010 dinihari WIB. De Oranje menang telak 4-1.

Dalam laga yang dihelat di stadion De Kuip itu, Belanda yang didukung penuh puluhan ribu suporternya tampil menyerang sejak menit awal. Namun gol pertama baru bisa dipetik saat laga memasuki marka setengah jam lewat Dirk Kuyt.

Diawali umpan terobosan Wesley Sneijder yang diterima Robin van Persie dan diteruskan langsung lewat sepakan mendatar yang masih bisa ditepis Richard Kingson. Bola rebound pun langsung dikonversi Kuyt jadi gol.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Belanda 1-0.
Di menit ke-72 Rafael Van Der Vaart yang masuk sebagai pemain pengganti menggandakan skor jadi 2-0. Umpan pendek Sneijder ke Van Der Vaart yang lantas melakukan kerjasama satu dua dengan Mark Van Bommel.

Van Bommel memberi umpan lambung dan Van Der Vaart yang lolos dari jebakan offside dengan mudah menceploskan bola ke gawang melewati hadangan Kingson.

Enam menit sesudahnya Ghana mampu memperkecil skor. Memanfaatkan kesalahan koordinasi antara Giovanni Van Bronckhorst dan Joris Mathijsen di lini pertahanan, Asamoah Gyan mampu mencuri bola dan menyonteknya ke dalam jala Sander Boschker.

Pada menit ke-80 sepakan Van Der Vaart dari luar kotak penalti masih bisa ditepis oleh Kingson dan membuahkan sepak pojok. Dari corner Van Der Vaart, bola mengarah ke Sneijder dan gelandang Inter Milan itu melepaskan sepakan first time datar yang menembus jala Kingson.

Van Persie di menit ke-82 melepaskan tembakan yang masih menghantam mistar gawang. Dan pada menit ke-87 penyerang Arsenal itu mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan penalti menyusul pelanggaran Kingson kepada Van Der Vaart.

Hingga 90 menit laga usai skor tetap 4-1. Pasukan Bert van Marwijk ini akan melakoni laga pemanasan terakhirnya kontra Hungaria akhir pekan ini sebelum bertolak ke Afrika Selatan.


Afrika Selatan menunjukkan kelasnya

Sepuluh hari jelang dihelatnya Piala Dunia, tuan rumah Afrika Selatan menorehkan hasil bagus dalam sebuah laga persahabatan. Berlaga melawan Guatemala, Afsel menang besar 5-0.

Dalam laga yang dihelat di Mokaba Stadium, Polokwane, Selasa (1/6/2010) dinihari WIB, tak menemui banyak kesulitan untuk membungkam sang tamu. Bafana Bafana masih mengandalkan starting eleven yang terdiri dari nama-nama seperti Aaron Mokoena, Steven Pienaar dan Tsholofelo Modise.

Tuan rumah unggul ketika pertandingan baru berjalan 12 menit melalui Katlego Mphela. Nama yang sama kemudian mengulanginya lagi di menit 56 dengan mencetak gol keempat Afsel, juga dari kotak penalti.

Satu gol di babak pertama lainnya, tepatnya di menit 25, lahir dari Reneilwe Letsholonyane. Sementara gol lainnya diciptakan oleh Surprise Moriri (menit 48) dan Bernard Parker (82).

Hasil ini membuat Afsel tak terkalahkan dalam 11 pertandingan di bawah arahan pelatih Carlos Alberto Parreira. Catatan lainnya, Mokoena, sang kapten, melakoni laga ke-100 untuk Afsel.

Laga yang disaksikan 45.000 penonton ini juga tercatat sebagai laga internasional pertama yang dihelat di Mokaba Stadium.


Prancis masih labil


mengecewakan dituai timnas Prancis dalam laga ujicoba jelang Piala Dunia. Menghadapi Tunisia, Senin (31/5/2010) dinihari WIB, 'Tim Ayam Jantan' hanya mampu bermain imbang 1-1.

Dalam laga yang dihelat di Stade 7-Novembre itu Prancis langsung dikejutkan dengan gol yang dicetak Tunisia ketika laga baru berjalan lima menit. Kerja sama antara Medi Nafti, Fahid Ben Khalfallah dan Issam Jemma berhasil menembus pertahanan Prancis.

Dengan tenang Jemma menempatkan bola di tiang jauh tanpa mampu dijangkau Hugo Lloris. Terlecut gol itu Prancis pun langsung menggebrak namun baru mendapat peluang bersih pertama di menit ke-23.

Akselereasi Franck Ribery di sayap kiri dituntaskannya dengan crossing datar ke kotak penalti dan menemui Florent Malouda. Sayang sepakan Malouda masih melebar dari gawang Tunisia.

Di menit ke-32 giliran Sydney Govou yang membuang peluang setelah sundulannya masih melenceng tipis meski ia tak terkawal.

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Tunisia.

Prancis pun mencoba mengambil alih pertandingan sejak babak kedua dimulai namun ketidaktenangan para penyerangnya serta buruknya koordinasi antar lini membuat peluang mereka terbuang sia-sia.

Barulah pada menit ke-61 Prancis mampu menyamakan kedudukan. Free kick Yoan Gourcuff disambut tandukan William Gallas yang merobek jala Tunisia yang dikawal Aymen Mathlouthi.

Tiga puluh menit laga tersisa Prancis melakukan perubahan strategi dengan memasukkan beberapa pemain baru namun tak mampu mengubah skor akhir 1-1.

Pelatih Raymond Domenech pun bisa makin dalam tekanan karena penampilan Prancis saat menang 2-1 atas Kosta Rika pertengahan pekan lalu tak memuaskan.

Les Blues yang tergabung di Grup A bersama Afrika Selatan, Meksiko dan Uruguay akan melakoni ujicoba terakhirnya kontra China, Jumat (4/6). Sementara itu negara peserta Piala Dunia lainnya Nigeria juga bermain seri 1-1 dengan Kolombia.


Inggris diselamatkan oleh Gol "bunuh diri"

Inggris sukses mengalahkan Jepang 2-1 di dalam laga ujicoba. Skuad besutan Fabio Capello itu diuntungkan dengan dua gol bunuh diri lawan setelah kebobolan dahulu.

Pada pertandingan yang dihelat di UPC Arena, Graz, Austria, Minggu (30/5/2010) malam WIB, Inggris secara umum tampil mendominasi laga. Buktinya, skuad Three Lions memiliki penguasaan bola 63 persen berbanding 37 persen.

Meski demikian, Inggris berhasil dikejutkan dengan gol cepat yang terjadi pada menit ke tujuh dari tim Samurai Biru. Tendangan sudut yang dieksekusi Yashuhito Endo dimanfaatkan oleh Tulio Tanaka dan tendangannya yang mengarah ke pojok gawang tidak mampu diantisipasi David James.

Sebelas menit berselang, Aaron Lennon sempat memberikan ancaman. Wayne Rooney mendribble dan mengoper kepada Lennon tetapi sayang tembakan pemain Tottenham Hotspur ini mudah saja ditangkap kiper Eiji Kawashima. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di paruh kedua, Inggris melakukan substitution sebanyak lima sekaligus. Hasilnya permainan Union Jack lebih kreatif daripada di babak pertama.

Peluang Inggris menyamakan kedudukan datang di menit ke-54 karena hand's ball Keisuke Honda atas tendangan bebas Frank Lampard. Nama terakhir yang ditunjuk sebagai algojo gagal melakukan tugasnya. Tendangan Lamps mampu ditepis Kawazaki dan bola pantul bisa diamankan.

Selanjutnya Inggris terus berusaha menggempur pertahanan Jepang. Usaha ini baru membuahkan hasil di menit 70 ketika crossing Joe Cole yang disundul oleh Tulio malah masuk ke gawangnya sendiri.

Bertubi-tubi Inggris mencoba kembali membobol gawang tim Blue Samurai melalui Rooney dan Ashley Cole. Sialnya belum ada tendangan mereka yang berbuah gol.

Akhirnya sebuah gol buat Inggris tercipta di menit 82 lagi-lagi akibat own goal defender Jepang. Kali ini Ashley yang mengirim umpan silang ke kotak penalti salah diantisipasi oleh defender Yuji Kawashima dan kembali masuk ke gawang sendiri.

Enam menit kemudian, Inggris lagi-lagi menyianyakan sebuah peluang emas. Sundulan Emile Heskey yang menyambut crossing Steven Gerrad masih melebar.

Selanjutnya tidak ada peluang yang terjadi dan skor 2-1 bertahan hingga pertandingan bubar.


Kejutan dari Selandia Baru

Selandia Baru secara mengejutkan menang 1-0 atas Serbia di laga ujicoba. Dengan "hasil terbaik dalam sejarah sepakbola Selandia Baru", mereka pun percaya diri bertolak ke Afrika Selatan.

Julukan "anak bawang" mungkin bisa disematkan untuk Selandia Baru di Piala Dunia 2010. Tampil di ajang Piala Dunia keduanya -- penampilan pertama mereka pada Piala Dunia 1982 -- tim dengan rangking 78 dunia tersebut boleh jadi cuma dinilai sebagai "pelengkap derita" saja di Afrika Selatan nanti.

Akan tetapi, Italia, Paraguay dan Slovakia yang tergabung di Grup F bersama Selandia Baru kini tak boleh lengah. Selandia Baru terbukti tetap bisa menghadirkan kejutan seperti ketika menundukkan Serbia, tim penghuni Grup D di Piala Dunia 2010, yang rangking 15 dunia.

Bermain di Wortherseestadion, Selandia Baru memetik kemenangan tipis berkat gol semata wayang dari Shane Smeltz pada menit 22. Laga ini sendiri berjalan panas karena adanya sedikit kericuhan antar fans di saat jeda, memaksa Kapten Serbia Nemanja Vidic turun tangan menenangkan via mikrofon.

"Untuk kami ini adalah hasil luar biasa, yang terbaik yang pernah kami dapatkan dalam sejarah, karena bisa mengalahkan tim yang punya level seperti itu. Kini kami akan selalu berpeluang bikin gol, siapa pun lawan kami," seru pelatih Ricki Herbert di Reuters.

Raihan Selandia Baru ini kian mengesankan karena dibuat tanpa dua pemain andalannya yakni Tim Brown, yang pekan lalu baru menjalani operasi bahu, dan Chris Killen, yang sedang menikah di Inggris.

"Ini menunjukkan meratanya kekuatan skuad kami. Saya pikir kemenangan ini mengirim sebuah pesan ke seluruh dunia," lugas Herbert.


Tundukkan Turki, AS belum puas

Amerika Serikat memetik kemenangan dalam laga ujicoba kontra Turki. Tapi karena cuma bisa menang tipis 2-1 setelah ketinggalan lebih dulu, pemain AS sendiri mengaku kurang puas.

Tampil di Lincoln Financial Field, Philadelphia, Sabtu (29/5/2010) waktu setempat, AS yang didukung mayoritas dari 55,407 penonton di stadion harus ketinggalan lebih dulu dari lawannya.

Dari serangan balik pada menit 27, Arda Turan berhasil menceploskan bola ke dalam gawang AS yang sepanjang laga dikawal oleh Tim Howard, setelah sebelumnya bola direbut dari bek kanan Jonathan Spector.

AS baru bisa membalas di babak kedua setelah Jozy Altidore menjebol gawang Turki pada menit 58 usai menerima sodoran bola dari Landon Donovan. Pada menit 75, Donovan kembali menjadi kreator gol dengan umpannya kepada Clint Dempsey.

"Terkadang kami memang sedikit loyo," kritik Altidore di Yahoosports.

Pertandingan ini adalah partai terakhir timnas AS sebelum bertolak ke Afrika Selatan untuk beraksi di Piala Dunia 2010. Menilik hasil laga yang cuma sekadar lumayan tersebut, Donovan pun wanti-wanti kepada rekannya untuk senantiasa tampil prima di Afrika Selatan.

"Kami bisa jadi bagus jika memang berusaha main bagus. Dan jika kami bermain sebagaimana kemampuan kami yang sebenarnya, kami bisa mengalahkan banyak tim di dunia," lugas Donovan menyemangati.

Tanpa Eto'o, Kamerun Ditahan Slovakia

Tampil tanpa striker Samuel Eto'o yang disinyalir karena tengah ngambek, Kamerun hanya memetik hasil imbang ketika menghadapi tim debutan Piala Dunia, Slovakia.

Kamerun menghadapi Slovakia di Klagenfurt, Austria, Sabtu 29 Mei 2010 malam WIB. Dalam laga ini The Indomitable Lions tampil tanpa Eto'o.

Pemain Inter Milan ini geram dengan tudingan mantan pemain internasional Kamerun Roger Milla. Selanjutnya Eto'o mengancam untuk tidak ikut ke Piala Dunia.

Slovakia membuka skor di menit keenam lewat gol Kamil Kopunek. Tim Eropa Timur itu kembali menjaringkan bola di babak kedua melalui Stanislav Sestak. Namun wasit menganulir gol itu karena menilai bola belum melewati garis gawang.

Eyong Enoh menghindarkan Kamerun dari kekalahan berkat golnya tujuh menit mejelang bubaran.

Masih banyak lagi partai-partai ujicoba yang bisa diakses melalui pialadunia.detiksport.com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar