Minggu, 30 Mei 2010

1st Anniversary of Blogserba

Genap 1 tahun Blogserba melayang di dunia maya, pada hari Minggu, tanggal 30 Mei 2010.
Kalau dihitung-hitung nich, aku masih newbie, masih belum memberi arti penting dalam dunia maya alias internet.
Artikel pertamaku adalah From Zero want to be a Hero. Aku tulis hari Sabtu, tanggal 30 Mei 2009 dengan memakai judul bahasa Inggris namun uraian artikelnya bahasa Indonesia.
Jadi, artikel ini aku beri judul bahasa Inggris juga, namun terurai dalam bahasa Indonesia.

Beberapa kali template dari Blogserba aku ganti karena selalu merasa tidak puas dengan template yang dipakai.

Alhamdulillah dengan adanya Blogserba ini, segala keinginan aku selalu tertuang, khususnya melalui menu Coretanku.

Ide pertama kali pembuatan blog ini sebenarnya aku bingung, sebenarnya mulai awal akan aku beri nama hakiemblog yang akhirnya banner link-ku aku beri nama tersebut.
Namun pemikiran selanjutnya, menurut aku, nama tersebut terlalu simple, akhirnya aku beri nama hakiembunitas dimana kata BUNITAS tersebut berasal dari ujaran anakku yang pertama yang tanggal 13 Juni 2010 ini genap berumur 4 tahun.

Ternyata kata BUNITAS tersebut apabila di-searching di Google banyak arti, banyak video, banyak foto, dan kata BUNITAS tersebut juga menempatkan Blogku, BLOGSERBA, pada halaman pertama link ke-2 di Google .... hebat juga ya ??? he he he.

Akhirnya dengan tekad bulat (jiaaachh ...!!) aku beri nama link blogku dengan nama http://hakiembunitas.blogspot.com.

Pada saat pemberian titel / judul blog, aku sekilas bingung, soalnya nanti yang ingin aku tuangkan di blogku tersebut tidak mencakup satu bidang saja atau satu kategori saja, misalnya tentang perekonomian saja, atau tentang bisnis internet saja, atau tentang bisnis PTC saja, namun aku ingin semua lingkup kategori yang ada, ingin kelak aku masukkan dalam blogku. Akhirnya aku teringat kata-kata TOSERBA yang kurang lebih kepanjangannya Toko Serba Ada. Nach ini dia yang aku cari !!!, akhirnya aku temukan judul blog yang sesuai yaitu BLOGSERBA dengan kepanjangan Blog Serba Ada. Meski dengan berbagai permainan kata kunci yang ada dan sebelumnya aku telah searching di Google, ternyata banyak yang memakai kata kunci Blog Serba Ada, Blog Serba Serbi, Blog Serba Aneh, Blog Serba Lengkap, namun apabila sobat mengetik dengan kata kunci BLOGSERBA pada Google.co.id, hebatnya, dia nangkring paling atas pada halaman pertama.



Hebatnya lagi, apabila sobat ketik kata BLOGSERBA pada kolom alamat di browser yang Sobat pakai, maka secara otomatis kata BLOGSERBA tersebut langsung tertuju pada Google.co.id dengan tampilan seperti screenshot dibawah ini, dimana Blogku tersebut tertaut banyak pada halaman pertama.

Alhamdulillah, ternyata kata kunci yang aku pakai dalam pemberian judul blog tepat juga ya ??!!! ....

Meski beberapa waktu yang lalu, blogserba pada halaman pertama Google sempat menghilang dan baru muncul pada halaman 4 dan berhasil dikalahkan oleh blog-blog berkata kunci mirip dan blog-blog tersebut relatif masih baru. Luar biasa kaget aku melihat kenyataan itu.
Waduh, ada apa dengan blogku ini ??? Gumamku, apakah mbah Google benci blogku yang mayoritas artikelnya (75%) adalah hasil copas dari artikel blog lain ???

Selidik punya selidik, ternyata aku baru nemukan beberapa trik jitu yang sebelumnya kecil harapanku Blogserba bisa kembali ke halaman pertama Google.

Namun setelah aku jalankan trik-trik sederhana tersebut, akhirnya secara tidak sengaja aku iseng dan kemudian aku ketik lagi kata kunci Blogserba di Google, Syukur Alhamdulillah, Blogserba kembali nongol pada halaman pertama Google. Makasih ya Mbah Google.
Sebenarnya aku kurang paham trik optimasi Blog untuk Google search engine dan masih belum aku posting artikel-artikel mengenai optimasi blog pada Google.

Alhamdulillah sekarang Blogku nangkring di Pagerank 3 (terhitung pada tanggal 4 Januari 2010) yang menurutku sangat cepat naik ranking-nya, karena hanya 3 bulan sebelumnya tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2009 Blogku masih ber-Pagerank 2.

Dengan semakin meningkatnya ranking blogku pada Google, sekarang aku lagi membidik optimasi traffic blog agar Alexa ranking blogku semakin "kurus". Karena apabila Alexa ranking semakin mengecil maka blog tersebut disinyalir blog yang ber-traffic ramai mendapatkan kunjungan.

Sehingga setelah searching sana-sini, ternyata situs social bookmarking sangat memberi peran yang sangat signifikan terhadap ramainya traffic pada suatu blog, selain kita blogwalking ke blog atau situs orang lain. Beruntung dengan adanya social bookmarking semacam lintasberita.com, infogue.com, kombes.com dan dagdigdug.com sangat berpengaruh besar terhadap traffic blogku, khususnya lintasberita.com. Sudah banyak artikel-artikel blogku tertuang didalam situs tersebut.

Akhirnya dengan adanya traffic yang mulai meningkat dan alexa rank yang semakin mengecil, diharapkan mempengaruhi segala macam bisnis online yang aku ikuti. Sampai akhirnya aku berusaha beriklan juga dengan software jagurdug.com untuk memperbaiki traffic blogku selain blogwalking dan social bookmarking.

Alhamdulillah (lagi), beberapa bisnisku berjalan sesuai harapan termasuk bisnis Pembuatan Blog yang saat ini masih proses pembuatan 2 blog lagi.

Untuk ulang tahun pertama blog ini, aku belum bisa memberi suatu surprise atau sumbangan atau gift yang berarti buat para sobat-sobat setiaku yang telah lama mereka mendukung blog aku, baik sobat yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Berkat jasa mereka dalam blogwalking, tukar link, tukar banner link, follow blog memang tidak bisa dipungkiri mampu meningkatkan eksistensi Blogserba sampai saat ini.

Terima banyak kepada semua sobat-sobat yang setia memberi support dan atensinya terhadap perkembangan blogku ini. Semoga dunia per-blogger-an semakin ramai dan suasana semakin bersahabat saja, meski kita tidak pernah bertemu di dunia nyata, namun sumbangsih kalian semua membuat aku, khususnya blogserba ini, bisa eksis dan diakui di dunia maya serta semakin membuat aku lebih bersemangat lagi ber-blogging ria.

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar