Rabu, 07 Juli 2010

BELANDA Menuju FINAL PIALA DUNIA 2010 AFRIKA SELATAN

Fantastis !!! di Green Point Stadium, Cape Town, 06 Juli 2010, waktu setempat, akhirnya Belanda memastikan lolos ke puncak partai, Final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan !!!

Pencapaian menuju partai final tersebut dipastikan Belanda setelah berhasil mengalahkan Uruguay dengan skor 3-2 (1-1) berkat gol jarak jauh Giovanni van Bronckhorst (menit ke-18), gol cerdik Wesley Sneijder (70) dan gol dari akselerasi Arjen Robben 3 menit kemudian.
Uruguay membukukan gol lewat sepakan jarak jauh Diego Forlan di menit 41 dan disusul oleh Maximiliano Perreira di menit ke-90+2.

Partai semifinal yang sangat seru telah terjadi. Pertarungan hidup dan mati memperebutkan partai final telah nyata terealisasi. Belanda dengan perlawanan sengit dari Uruguay, saling serang, saling tembak bola ke gawang dengan statistik Belanda dengan shots on goal 11, shots on target 7 masih kalah dengan Uruguay dengan shots on goal 12, shots on target 6, yang berarti Belanda lebih produktif ketimbang Uruguay. Apalagi ball possession masih unggul Uruguay, 47 % berbanding 53 %.
Hal tersebut terbukti bahwa finishing touch para pemain Belanda terutama para pencetak gol, lebih akurat ketimbang Uruguay. Permainan cukup keras dari kedua kubu, 5 kartu kuning keluar dari saku wasit Ravshan Irmatov dari Uzbekistan yang memimpin pertandingan tersebut. 3 kartu kuning diterima pemain Belanda (van Bommel, Sneijder dan Boulahrouz) dan 2 kartu kuning untuk Uruguay (Maximiliano Perreira dan Martin Caceres).

Permainan sebenarnya cukup berimbang, namun faktor luck disini membuktikan bahwa Belanda lebih unggul dan lebih memiliki ketenangan dan mental juara dalam menghadapi musuh tandingnya.

Perjalanan Belanda menuju Partai Grand Final Piala Dunia 2010.

Belanda yang berada di Grup E menemui lawan tanding Denmark, Jepang dan Kamerun serta mampu meraih point sempurna alias selalu menang dengan torehan 9 point.

1. Belanda vs Denmark dengan skor 2-0 (0-0)
2. Belanda vs Jepang dengan skor 1-0 (0-0)
3. Belanda vs Kamerun dengan skor 2-1 (1-0)

Belanda berhasil mencetak 5 gol dan hanya kemasukkan 1 gol pada babak penyisihan tersebut.

Setelah pada babak 16 besar, Belanda bertemu dengan Slovakia yang datang sebagai runner up Grup F setelah berhasil mengalahkan Italia dengan skor 3-2 (1-0) pada pertandingan terakhir fase grup.
Dengan susah payah, akhirnya Belanda mampu 'membungkam' Slovakia dengan skor 2-1 (1-0) pada 28 Juni 2010 di Durban Stadium.

Pada babak selanjutnya, babak perempatfinal, Belanda bertemu dengan tim raksasa Amerika Latin, Brasil, yang tampil setelah mengalahkan tim sesama Amerika Latin, Chile dengan skor meyakinkan, 3-0 (2-0).

Pertandingan berlangsung cukup ketat, yang akhirnya Belanda memenangkan pertandingan setelah 'menekuk' Brasil dengan skor 2-1 (0-1).

Belanda akhirnya menggapai semifinal, yang disambut tim Amerika Latin lain, Uruguay, yang terlebih dahulu lolos setelah mengalahkan tim Afrika, Ghana, lewat adu penalti dengan skor penalti 4-2.

Akhirnya pertandingan dimenangkan oleh Belanda dengan skor cukup ketat 3-2 (1-1).

Belanda berhak memperoleh tiket final, bertemu dengan calon lawannya yang akan datang dari pertandingan semifinal lain, antara Jerman kontra Spanyol yang akan berjibaku tanggal 07 Juli 2010 di Durban Stadium.

Untuk sementara, pencetak gol terbanyak Belanda dipegang oleh Wesley Sneijder dengan 5 gol.
Diikuti oleh Arjen Robben dengan 2 gol, masing-masing 1 gol dicetak oleh Dirk Kuyt, van Persie dan Klaas Jan Huntelaar.

15 kartu kuning telah dikoleksi oleh para pemain Belanda mulai babak penyisihan sampai babak semifinal dan Belanda telah berhasil memasukkan gol ke kandang lawan sebanyak 12 kali dan kemasukkan sebanyak 5 kali. Terbukti, Belanda adalah tim dengan penyerangan yang baik dan pertahanan yang kokoh.

Kita tunggu, siapa lawan Belanda di partai final nanti !!!

Sumber image : fifa.com

.

.

.

ARTIKEL TERKAIT ADA DIBAWAH SPONSOR (DIBAWAH INI).

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar